Wisata Air Terjun Coban Rondo Batu Malang – Tiket Masuk dan Lokasi

Air Terjun Coban Rondo by @wiga sesa
Air Terjun Coban Rondo by @wiga sesa
0
(0)

Lokasi: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur 65391
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 35.000 – Rp 40.000/Orang
Buka/Tutup: 06.00 – 17.00 WIB
No Telepon: –

Wisata Coban Rondo Malang atau Air Terjun Coban Rondo Batu Malang, merupakan salah satu air terjun di Malang yang sudah terkenal akan keindahannya. Tempat wisata Malang yang satu ini telah diresmikan sejak 1980 yang hingga kini tak pernah sepi akan pengunjung. Kawasan wisata Air Terjun Coban Rondo selain memiliki suasana yang sejuk serta alami, ternyata juga lengkap akan fasilitas, hal tersebutlah yang menjadi faktor tetap ramai dikunjungi.

Seperti yang telah kita ketahui jikalau Kota Malang memiliki topografi berupa wilayah pegunungan, maka tak heran jikalau kota ini selalu identik dengan iklim yang sejuk. Maka tak heran rasanya jikalau tempat ini memiliki sederet lokasi wisata alam Malang yang wajib dikunjungi, seperti Coban Rondo Pujon contohnya. Terletak diarea pegunungan yang berada pada ketinggian sekitar 1.135 mdpl di kawasan Batu Malang, membuat banyak wisatawan suka berlama-lama disekitar tempat wisata Batu ini.

Wisata di Coban Rondo Malang

View coban rondo by @0Adwikialfajri
View coban rondo by @dwikialfajri

Jika sebelumnya saya telah merekomendasikan beberapa Wisata Malang Terbaik, ternyata kota ini bukan hanya terkenal akan keindahan Pantai di Malang Selatan saja. Setidaknya masih banyak objek wisata di Malang yang sayang bila tak dikunjungi, seperti Air Terjun Coban Rondo. Mengingat segala potensinya, maka dalam konten artikel Tempat Wisata kali ini akan mengulas air terjun cantik ini.

Pada malam hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal Coban Rondo Malang wisata Air Terjun Coban Rondo Batu Malang. Semoga segala informasi yang nanti akan disampaikan dapat menjadi sumber inspirasi bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian.

Air Terjun Coban Rondo memiliki tinggi sekitar 84 meter yang bersumber pada aliran yang bersumber dari sebuah mata air di lereng Gunung Kawi, dimana oleh masyarakat sekitar mata air tersebut dinamakan “Cemoro Mudo”. Sebelum lanjut, apakah kamu tau tentang asal usul sejarah Coban Rondo? Berawal dari penamaan air terjun ini yang cukup unik, dimana dalam bahasa Jawa kata “Coban” memiliki arti Air Terjun, sedangkan “Rondo” berarti Janda. Cukup unik bukan? 

Sejarah Penamaan

Ternyata penamaan tersebut bukanlah tanpa sebab, mengacu pada legenda Coban Rondo yang berawal dari sepasang suami istri yang baru saja menikah bernama “Dewi Anjarwati” yang berasal dari Gunung Kawi, kemudian sang suami bernama “Raden Baron Kusumo” yang berasal dari Gunung Anjasmoro.

Singkat cerita, tepat pada 36 hari usia pernikahan mereka, Dewi Anjarwati mengajak Raden Baron Kusumo untuk pulang ke tempat asal suaminya tersebut. Akan tetapi dalam mitos Jawa Kuno, usia pernikahan 36 hari disebut dengan Selapan. 

Di mana menurut mitos tersebut, setiap pasangan pengantin baru dilarang berpergian sebelum usia pernikahan mereka melewati usia Selapan. Mengetahui niat tersebut, maka orang tua Dewi Anjarwati sempat melarangnya pergi karena takut terjadi hal-hal buruk, akan tetapi kedua pasangan tersebut tetap saja bersikeras untuk pergi.

Lalu di tengah perjalanan keduanya tanpa sengaja bertemu dengan Joko Lelono, dikarenakan terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati maka Joko Lelono menantang Raden Baron Kusumo untuk berduel. 

Kemudian Raden Baron memerintahkan para pengawalnya untuk membawa pergi dan menyembunyikan sang istri disebuah air terjun (coban). Akan tetapi ternyata, nasib berkata lain dimana perkelahian antara Raden Baron dan Joko Lelono berujung maut, keduanya tewas setelah pertempuran sengit.

Maka tinggallah kini Dewi Anjarwati meratapi nasibnya dibalik air terjun, di mana kini ia telah menjadi seorang janda. Demi mengingat kisah pilu tersebut, maka air terjun ini diberi nama Coban Rondo.

Lokasi

Lantas dimanakah lokasi Coban Rondo? terletak di Kota Batu Malang atau tepatnya beralamat di Jalan Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon dengan total estimasi waktu perjalanan sekitar 60 menit dari pusat Kota Malang. Bagi kamu yang ingin berkunjung, kamu dapat mengikuti rute jalan ke Coban Rondo berikut ini.

  • Bagi kamu yang berdomisili diluar Malang, kamu diharuskan tiba dulu dikota ini sebagai titik start awal perjalanan.
  • Setibanya di Malang, kamu dapat menyewa kendaraan mobil/motor lalu arahkan kendaraan menggunakan rute Malang-Batu-Pujon.
  • Ikuti jalan hingga nanti kamu menemukan bundaran Alun Alun Kota Batu, kemudian belok kiri, ikuti saja jalan tersebut hingga nanti kamu melalui kawasan perbukitan dan akan menemukan marka petunjuk jalan menuju lokasi.

Jika kamu ingin wisata backpacker ke Coban Rondo dengan menggunakan angkutan umum, kamu dapat mengikuti petunjuk berikut ini.

  • Dari domisili asal kamu dapat langsung menuju Malang dengan menggunakan bus antar kota, lalu turun di Terminal Arjosari, Malang.
  • Setibanya di terminal, lanjut menggunakan bus dengan jurusan trayek Landungsari. Setelah tiba di Landungsari, kamu dapat mencari bus jurusan Pujon (arah Kediri).
  • Setelah itu, mintalah pada supir untuk menurunkan kamu didekat patung sapi Pujon, lalu menyambung dengan ojek motor untuk menuju lokasi.

Tiket Masuk Ke Air Terjun Coban Rondo Malang

Setibanya di loket, maka kamu nantinya akan dikenakan biaya harga tiket masuk Coban Rondo terbaru update 2021 yakni 

Tiket Masuk Coban Rondo                Weekday  Rp. 35.000        Weekend   Rp. 40.000

Setelah membayar biaya retribusi, maka kamu masih diharuskan melanjutkan perjalanan sekitar 2 Km untuk menuju lokasi parkir kendaraan. Dari lokasi parkir nantinya sudah terdapat jejeran warung-warung yang siap menyambut kamu, lalu dari titik ini kamu hanya cukup berjalan kaki sekitar 50 meter untuk tiba di lokasi air terjun. Di mana pada awal setelah loket terdapat sebuah tulisan Coban Rondo dengan ukuran besar, umumnya para wisatawan menjadikan tulisan tersebut sebagai latar belakang untuk berfoto. Di sekitar tulisan tersebut pun terdapat wahana tambahan berupa permainan flying fox dan Shooting target.

Puas berfoto, kamu dapat lanjut untuk menyeberangi sebuah jembatan yang memotong aliran sungai yang berasal dari air terjun ini. Pada titik ini terdapat fasilitas berupa mushollah dan beberapa bangku-bangku santai. Selain itu terdapat pula sebuah pendopo yang dapat digunakan untuk beristirahat serta toilet. 

Tak jauh maka sudah dapat terlihat wujud dari Coban Rondo yang notabene juga menjadi salah satu Air Terjun di Jawa Timur Terindah. Keindahan alam sekitar yang masih sangat alami serta sejuknya cuaca khas daratan tinggi, membuat siapa pun nyaman kala berada di sekitar tempat ini. Deburan kucuran air terjun begitu keras menggoda siapa pun untuk mendekat, namun perlu menjadi catatan ‘Untuk TIDAK BOLEH Berenang di Coban Rondo’. Akan tetapi kamu tak perlu khawatir, sebagai gantinya kamu masih dapat mendekati air terjun dengan cara berjalan kaki menaiki tangga dan merasakan sensasi kesegaran buih-buih air yang terbawa oleh angin. Seru bukan?

Lantas keseruan apa lagi yang disajikan oleh Kawasan Tempat Wisata Coban Rondo? masih banyak kegiatan seru yang dapat kamu lakukan setelah menikmati pemandangan air terjun, sebagai contohnya kamu dapat mencoba beberapa wahana permainan lainnya, namun untuk dapat bermain kamu akan dikenakan biaya tambahan seperti di bawah ini.

  • Wisata Yoga                       Rp.     5.000
  • Shooting Target                  Rp.   10.000
  • Flying Fox                          Rp.   30.000
  • Memberi Makan Rusa        Rp.     5.000
  • Treewalk                             Rp.   50.000
  • Segway                               Rp.   30.000
  • Fun Tubing                         Rp.   35.000
  • Paint Ball                            Rp. 450.000 (6 orang dan 150 peluru)
  • Sepeda Gunung                  Rp.     5.000
  • Sepeda Tandem                  Rp.   10.000
  • Labirin                                Rp.  10.000

* Harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola

Labirin Coban Rondo

Pemandangan Labirin Coban Rondo dari atas by @theblessedbona
Pemandangan Labirin Coban Rondo dari atas by @theblessedbona

Di mana untuk wahana permainan Labirin Coban Rondo merupakan wahana terfavorit bagi para wisatawan. Labirin ini dibentuk dengan menggunakan tanaman hijau (sejenis teh tehan yang sering digunakan sebagai pagar) setinggi 2 meter yang berfungsi sebagai pembatas labirin. Di antara tembok ini terdapat jalan setapak yang cukup dilalui oleh 2 orang saat berpapasan.

Wahana labirin ini memiliki luas sekitar 60 x 40 meter/segi, kendati tak terlalu luas tapi jangan anggap remeh tantangan ini. Jalan yang berputar-putar serta buntu di beberapa titik, serta tembok dan kondisi jalan yang semuanya hampir sama pastinya akan membuat kamu kebingungan ingin mengambil jalan yang mana untuk mencapai titik finish yang berada tepat di tengah labirin. Sungguh seru bukan?

Titik finish ini berupa sebuah kolam air mancur dan beberapa kursi, kemudian untuk titik startnya ada dua titik. Usahakan mengajak teman bila ingin mencoba Labirin di Coban Rondo ini, agar tak bingung kamu dapat bergantian untuk berdiri di menara pantau dan bertugas memandu teman kamu yang berada di labirin.

Selain memudahkan bagi para pemain, menara pantau ini juga menjadi spot untuk mengambil foto para pemain yang berada di labirin, dengan ketinggian menara maka hasil foto yang dihasilkan akan terlihat bagus.

Sebagai tambahan informasi, untuk labirin ini jalurnya akan diubah secara berkala, hal tersebut dimaksudkan agar tetap memberikan tantangan bagi para wisatawan termasuk bagi mereka yang sudah sering datang berkunjung.

Penginapan

Lelah setelah seharian bermain dan ingin menginap? memang hingga saat ini belum terdapat fasilitas penginapan di Coban Rondo, namun tak pelru khawatir kamu masih dapat mencari penginapan yang disekitar lokasi. Dimana banyak terdapat hotel ataupun villa yang dapat kamu gunakan berada di daerah Songgoriti yang berlokasi sekitar 5-8 Km dari lokasi.

Perihal harga penginapan disekitar Coban Rondo umumnya bervariatif yakni berkisar antara sekitar Rp. 150.000 hingga Rp. 1.000.000/malam. Akan tetapi bagi kamu yang ingin mencoba sensasi lain, kamu dapat mencoba camping di bumi perkemahan Coban Rondo. 

Dengan segala potensinya maka tak heran jikalau air terjun di Batu Malang ini menjadi salah satu tempat wisata di Malang terkenal. Keindahan alam yang sangat alami serta deretan wahana permainan siap menjadi penghibur bagi kamu ataupun seluruh anggota keluarga lainnya. Sudah jelas bukan, mengapa dewasa ini begitu banyaknya foto-foto Coban Rondo diberbagai jejaring media sosial.

*Tips

  • Gunakan applikasi maps pada smartphone guna tambahan acuan jalan menuju lokasi.
  • Usahakan datang di pagi hari kala udara masih sangat segar terasa.
  • Hati-hati dengan kawanan monyet liar yang berada disekitar lokasi parkir hingga air terjun.

Menikmati segala keindahan yang telah disajikan oleh alam bersama orang-orang terkasih, membuat diri ini sadar, jikalau sebenarnya Waktu yang paling menyenangkan adalah saat kita bercengkrama, menjaga hangatnya kebersamaan dan menggulirkan banyak detik dalam keceriaan. Kemudian perlu diingat, Kebersamaan akan lebih bermakna setelah kita merasa kehilangan. Dan kehilangan akan lebih bermakna ketika kita saling merindukan, maka selalu buatlah setiap moment dengan sebaik-baiknya dimulai dari sekarang. 

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Coban Rondo Malang wisata Air Terjun Coban Rondo Batu Malang. Terima kasih telah berkunjung ke Tempat Wisata, semoga segala informasi yang telah disampaikan dapat berguna bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0