Danau Ranau Lampung Sumatera Air Panas Daerah Lokasi 2019 dan Keindahan

Icon Tulisan Danau Ranau foto via Gmap.
Icon Tulisan Danau Ranau foto via Gmap.
0
(0)

Lokasi : Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan
Map : Klik Disini
HTM : Rp. 20.000,00
Jam Operasional : 24 jam
No. Tlp :

Selain terkenal akan pantainya yang eksotis, Indonesia juga terkenal akan obyek wisata danau yang menarik hati. Hampir semua tempat di Indonesia memiliki wisata danau yang menjadi ikonik dan kekayaan lokal wilayah tersebut. Tak hanya Danau Toba yang paling hits baik dari legenda, tragedi maupun keindahannya.

Di wilayah lain juga terdapat banyak sekali danau-danau cantik dan memikat hati namun belum begitu tereksplor. Salah satunya adalah Danau Ranau yang berada di Kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu), Sumatera Selatan. Anda tertarik untuk mengunjunginya? Berikut ini beberapa informasi penting terkait Danau Ranau yang perlu anda ketahui sebelum mengunjunginya.

Sekilas Tentang Danau Ranau

Dermaga di Danau Ranau via Gmap.
Dermaga di Danau Ranau via Gmap.

Danau ini merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba yang memiliki luas sekitar 125,9 km2.  Anda bisa menikmati keindahan Danau Ranau dari 3 wilayah yang berbeda. Yaitu dari sisi wisma PT. PUSRI (Sumatera Selatan), Pantai Pinangkalan (Sumatera Selatan), dan dari sisi Desa Lombok (Lampung Barat).

Pemandangan dari sisi wisma PT. PUSRI paling banyak digemari para wisatawan. Hal itu disebabkan karena adanya latar belakang Gunung Seminung yang tinggi menjulang menambah keelokan Danau kebanggaan Sumatera Selatan ini.

Lokasi Danau Ranau

Keindahan Danau Ranau via Gmap.
Keindahan Danau Ranau via Gmap.

Lokasi dari Danau Ranau berada di Perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung. Perairan danau ini sebagian terbentang di wilayah Kabupaten OKU (Provinsi Sumatera Selatan) dan sebagiannya lagi berada di wilayah Lampung Barat (Provinsi Lampung).

Untuk menuju ke lokasi ini ada beberapa opsi yang bisa anda ambil. Pertama, jika anda berangkat dari Kota Liwa, Kabupaten Lampung Barat anda akan menempuh perjalanan sekitar 40 menit dengan menggunakan mobil.

Kedua, jika anda berangkat dari Kota Palembang, anda akan menempuh perjalanan darat sekitar 330 km atau 8,5 jam perjalanan. Selama perjalanan, anda akan menikmati suasana perkebunan dan pedesaan yang asri. Selain itu, anda juga akan melintasi Perairan Sungai Musi yang membentang luas di Kota Palembang.

Baca juga Bukit Golf Palembang Dan Lokasi Restoran

Harga Tiket Masuk Danau Ranau

Untuk memasuki area Danau Ranau, anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000 dengan biaya parkir Rp. 4.000. Namun, jika anda ingin mengelilingi danau menuju pemandian air panas alami atau Pulau Marisa di tengah laut anda harus menyewa kapal. Untuk biaya sewa kapal sendiri sekitar Rp. 300.000,00. Anda bisa beberapa keluarga, sahabat, maupun teman.

Daya Tarik Danau Ranau

Pemandangan Danau Ranau dari ketinggian via Gmap.
Pemandangan Danau Ranau dari ketinggian via Gmap.

Danau Ranau selalu ramai dikunjungi banyak wisatawan baik itu wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Bahkan tak sedikit yang rela menginap demi menyaksikan keindahan pesona dari Danau Ranau untuk waktu yang lebih lama. Lalu apa saja daya tarik yang membuat para wisatawan datang berbondong-bondong mengunjunginya? Berikut informasi lengkapnya.

Pemandangan Yang Memikat Hati

Senja di Danau Ranau via Gmap.
Senja di Danau Ranau via Gmap.

Danau ini memiliki pemandangan yang sangat elok dan memikat hati. Terlebih dengan pemandangan sekitar danau yang dikelilingi bukit-bukit dan Gunung Seminung yang tinggi menjulang. Selain bisa menikmati udaranya yang sejuk dan segar anda juga akan merasakan sensasi back to nature.

Baca juga Serunya Foto Selfie Bersama Satwa di Bird Park Palembang.

Homestay Dan Resort Yang Nyaman

Meskipun wisata alam, anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah penginapan. Terlebih buat anda para pelancong dari luar daerah yang ingin bermalam untuk menikmati keindahan Danau Ranau lebih lama lagi. Pemerintah setempat telah membangun homestay maupun resort untuk para wisatawan yang ingin bermalam di sisi Danau Ranau. Anda bisa memilih sesuai dengan budget yang anda miliki.

Memiliki Spot Foto Yang Instagrammable

Jika anda memiliki hobi fotografi atau swafoto, Danau Ranau juga memiliki spot yang instagrammable dan menjadi favorit para wisatawan. Yaitu di wilayah Wisma Pusri yang juga menjadi tempat menginap favorit para traveler. Anda juga bisa berfoto ria di sekitar pemandian air panas alami di bawah kaki Gunung Seminung. Selain itu, anda juga bermain-main dan swafoto di Pulau Marisa yang berada di tengah Danau Ranau.

Wahana Permainan Baru Yang Lengkap

Sewa Jetski di Danau Ranau via Gmap.
Sewa Jetski di Danau Ranau via Gmap.

Tak hanya spot foto yang menarik, buat anda yang hobi olahraga anda bisa menikmati beberapa wahana olahraga air yang disediakan di danau ini. Di antaranya adalah Jet Ski, Banana Boat, dan berbagai wisata air lainnya. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga maupun rombongan. Sehingga sangat recommended buat acara sekolah atau liburan bersama keluarga maupun teman-teman.

Adanya Desa Sukabanjar

Satu lagi daya tarik dari Danau Ranau adalah keunikan dari Desa Sukabanjar yang berada di bantaran danau tersebut. Masyarakat di desa ini memiliki kepercayaan bahwa mereka tidak boleh membangun rumah yang menghadap atau membelakangi Danau ini. Kepercayaan itu sudah diwariskan secara turun-temurun dan tidak ada satupun yang mengetahui tentang alasan pastinya. Unik sekali bukan?

Menu Makan Yang Unik

Tak hanya menikmati keindahan alam di danau ini, disini anda juga sekalian berwisata kuliner. Buat anda yang keroncongan setelah berkeliling danau, anda bisa langsung memesan makanan di tempat makan yang ada di sekeliling danau. Di sini anda bisa memesan kuliner khas di sini yaitu ikan bakar mujair khas yang hidup di Danau ini.

Cita rasa ikan mujair dari danau ini tentu sangat berbeda dengan ikan mujair di tempat lain. Jadi, sangat rugi jika anda tidak mencobanya. Selain ikan mujair, anda juga bisa menikmati jus alpukat segar hasil dari perkebunan masyarakat sekitar danau.

Oleh-Oleh Yang Khas

Pulang berwisata tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh. Anda bisa membeli oleh-oleh khas masyarakat Danau Ranau. Oleh-oleh tersebut seperti ikan mujair segar, alpukat, gula aren murni, dan juga berbagai kerajinan tangan masyarakat OKU selatan. Wah, lengkap banget ya.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0