Kebun Binatang Medan Zoo 2021: Harga Tiket Masuk, Rute Akses dan Jam Buka

Pintu depan Kebun Binatang Medan Zoo Foto via Gmap
Pintu depan Kebun Binatang Medan Zoo Foto via Gmap
0
(0)

Lokasi: Jl. Bunga Rampe IV No. 100 Kelurahan Simalingkar, Medan, Sumatera Utara, 20158 Indonesia
Map: Klik Disini
HTM: Rp15.000 (hari biasa) dan Rp30.000 (hari libur)
Buka/Tutup: 09.00–19.00
Telepon: –

Kebun Binatang Medan atau disebut juga populer dengan Taman Margasatwa ini merupakan sebuah objek wisata keluarga yang memiliki luas mencapai 30 hektar.

Lokasinya yang berada dipinggir jalan serta banyaknya pepohonan rindang di dalam area Taman Margasatwa menjadikannya salah satu lokasi wisata favorit warga Medan yang sudah berkeluarga sekalian membawa serta buah hatinya.

Tempat ini akan sangat ramai saat weekend dan saat liburan sekolah. Di samping ekonomis, Taman Margasatwa Medan tidak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata lainnya di Medan dan tersedia sejumlah fasilitas yang lengkap.

Untuk tahu lebih lanjut ada apa saja di Medan Zoo, bagaimana keseruan binatang yang ada di sana, lokasinya di mana, buka jam berapa, sejarah, mitos atau adakah misteri dibalik pembangunannya, dan banyak lagi, berikut reviewnya.

Alamat

Pintu depan Kebun Binatang Medan Zoo Foto via Gmap
Pintu depan Kebun Binatang Medan Zoo Foto via Gmap

Dahulu letak Kebun Binatang Medan lama ada di Jalan Brigjen Katamso, Kel. Kampung Baru, Kec. Medan Maimun. Namun kemudian pindah di Jalan Bunga Rampai IV, Kelurahan Simalingkar B, Ujung Labuhen, Medan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara atau Jalan Pintu Air IV.

Di lokasi Medan Zoo yang baru, Bapak Abdillah selaku walikota Medan saat itu yang meresmikannya pada tanggal 14 April 2015.

Untuk akses jalan sampai di Taman Margasatwa sangat mudah dan lancar. Anda dapat mengaksesnya dari manapun. Jika sduah berada di Jalan Luku lurus terus hingga tiba di Jalan Pintu Air IV.

Jika Anda dari arah flyover Djamin Ginting kemudian langsung menuju ke Simalingkar juga bisa. Terletak sebuah pangkalan motor atau minibus Sinabung dekat dengan pajak Simalingkar. Dari situ, pilihlah jalan yang belok ke kiri menuju Pasar Tradisional.

Disana Anda akan melihat plang bertuliskan ‘Medan Zoo’. Tingga ikuti petujuk jalan tersebut hingga sampai di lokasi Medan Zoo berada namun memnag lumayan jauh jaraknya.

Anda akan melintasi tracking jalan berkelok namun udaranya sangat sejuk dikarenakan sisi kanan dan kiri jalan terdapat banyak pepohanan bambu. Dari sisi kiri jalan seusai melintasi jalan menanjak dan jembatan kecil tampak sekolah Al Azhar.

Kemudian lurus terus sampai Anda melihat gerbang bertuliskan ucapan ‘selamat datang di Kebun Binatang Medan.’

Setelah sampai di gerbang, ada loket penjualan tiket. Anda dapat melihat sekitar dahuly karena banyak pedagang penjual Jambu Taiwan kali aja Anda tertarik.

Kemudian di area parkir tersedia petugas parkir yang masih muda namun tidak mengenakan seragam resmi. Mintalah karcis kepada mereka dan untuk plat kendaraan baru untuk dicatat dulu.

Anda juga dapat lewat kawasan Padang Bulan atau jalan F L Tobing. Untuk yang ingin naik angkutan umum juga bisa. Cari saja angkot yang melintasi Medan Zoo atau naik bus.

Jika Anda masih kebingungan mencari lokasi Taman Margasatwa buka saja ponsel Anda dan GPS dihidupkan, di atas sudah disertakan peta dan denah ke Medan Zoo tinggal di klik. Jika masih bingung juga tanya kepada warga setempat.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka 2021

Satwa di Kebun Binatang Medan Zoo Foto via Gmap
Satwa di Kebun Binatang Medan Zoo Foto via Gmap

Tak perlu cemas, akhir bulan tidak bisa kemana-mana, ke sini saja. Anda tidak perlu khawatir akan tarif tiket masuk ke Medan Zoo karena sangat murah yaitu 15.000/ orang saat weekdays dan Rp. 30.000/ orang saat weekend.

Untuk pengunjung di bawah usia 3 tahun, tiket masuknya free. HTM sudah termasuk dengan asuransi jika terjadi sesuatu saat berwisata di Taman Margasatwa ini.

Jadwal jam operasional Medan Zoo adalah setiap hari dibuka pukul 8 pagi dan ditutup pukul 5 sore namun saat hari libur jam tutup menjadi setengah 6 sore.

Sedangkan daftar tarif parkir kendaraan roda 2 sebesar Rp. 2000 dan untuk kendaraan roda 4 sebesar Rp. 5.000.

Kunjungi juga Kampung Ladang Medan.

Camping Area

Tidak hanya mengamati setiap satwa di Medan Zoo, namun tersedia pula area camping di lahan seluas ini. Untuk yang berencana melakukan kegiatan camping, tempat ini bisa jadi alternativ.

Aktivitas yang paling menyenangkan ketika di Kebun Binatang adalah pikinik. Bersama keluarga atau sahabat beramai-ramai menggelar tikar, duduk bersantai, bercengkerama atau makan bekal yang dibawa dari rumah. Ini adalah hal yang sangat seru sekali.

Medan Zoo adalah tempat wisata murah meriah untuk menghabiskan waktu berkualitas Anda bersama keluarga di akhir pekan.

Jika lupa tau malas membawa tikar, ada juga penyewaan tikar untuk duduk bersantai di bawah rindangnya pepohonan. Harga sewa tikar lumayan terjangkau yaitu Rp. 10.000 saja.

Olahraga

Outbound spot di Kebun Binatang Medan Zoo foto via Gmap
Outbound spot di Kebun Binatang Medan Zoo foto via Gmap

Melihat kebun binatang, bersantai, makan, foto dengan satwa, mencari lokasi spot kece untuk mengambil gambar atau merekam video, semua dapat dilakukan ditempat ini.

Tapi ada satu lagi aktivitas menarik yang juga bisa jadi alternativ Anda saat malas melakukannya dirumah yaitu olahraga.

Kenapa bisa demikian? Taman Margasatwa ini luas sekali yaitu mencapai 30 ha dengan kontur jalan yang naik dan nanjak karena memang berada di perbukitan.

Itulah kenapa Kebun Binatang Medan bisa jadi alternatif untuk melakukan olah raga seperti hiking dan membakar kalori. Udara di sini sangat sejuk sehingga tidak akan terasa jika telah berjalan jauh serta tersedia track untuk pejalan kaki di area hutan.

Keseruan Aktivitas di Medan Zoo

Spot Outbound di Kebun Binatang Medan Zoo Foto via Gmap
Spot Outbound di Kebun Binatang Medan Zoo Foto via Gmap

Berkeliling melihat satwa dan mengamati habitat asli mereka sudah menyenagkan sekali terutama untuk anak-anak. Mereka tentu bersemangat mempelajari dan berkenalan dengan hewan-hewan disini.

Selain itu masih ada aktivitas seru yang pengunjung dapat lakukan disini yaitu menunggang satwa. Satwa yang bisa ditunggangi adalah kuda dan gajah. Pengunjung akan ditemani penjaga ketika berada diatas kuda atau gajah.

Tempat wisata lain di Medan ada Danau Linting Medan: Fasilitas, Aktivitas dan Tiket Masuk 2021.

Anda akan diajak berkeliling Medan Zoo dengan rute yang sudah ditetapkan. Biaya untuk dapat menunggangi satwa gajah ataupun kuda lumayan murah jika dibandingkan dengan pengalaman yang dibuat yaitu sebesar Rp. 5.000 – Rp. 15.000.

Terdapat juga wahana outbound untuk menguji adrenalin para pengunjung yaitu flying fox, panjat tebing dan sejumlah fasilitas wahana permainan menantang lainnya.

Di kawasan Medan Zoo juga tersedia tempat aksesoris. Untuk yang ingin belanja pernak pernik dapat langsung melihatnya. Ada jasa ukir nama bahkan sablon baju juga.

Untuk fasilitas seperti mushola juga tersedia berada di sisi kanan gerbang pintu masuk Taman Margasatwa.

Terdapat juga banyak deretan warung penjual makanan serta minuman sehingga bagi pengunjung yang tidak membawa serta bekal makanan tak perlu takut kelaparan.

Namun, kini kondisi kebun binatang cukup mengenaskan karena banyak penemuan mayat binatang dan kondisi sarang satwa yang tidak layak sehingga pengunjung yang datang semakin menurun.

Para pengunjung memilih lokasi kebun binatang lain seperti ke mini zoo, Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Kebun Binatang Pematang Siantar terletak di Jalan Gunung Simanuk-Manuk No.2, Teladan, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Atau datang ke Penangkaran Buaya Asam Kumbang di Jalan Bunga Raya II, Asam Kumbang, Medan Selayang, Sumut 20128.

Di samping itu sekitar Kebun Binatang Medan Zoo juga terdapat banyak perumahan di kawasan Medan Johor untuk Anda yang tertarik tinggal di kawasan asri. Hubungi saja nomor telepon pemilik residence for more info.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0