Pantai 3 Warna Malang 2022: Tiket Masuk, Rute & Keindahannya

Pantai 3 Warna di Malang
Pantai 3 Warna di Malang
0
(0)

Lokasi: Jl. Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176
Map: Klik Disini
HTM: Rp 10.000,-
Buka / Tutup: 08:00 – 16:30
No. Telepon: +6281333777659

Hidup yang santai dan minim tekanan adalah dambaan mayoritas orang. Banyak cara yang mereka lakukan untuk bersantai, salah satunya ialah berekreasi ke pantai. Nah, jika kamu berada di Kabupaten Malang, Pantai 3 Warna bisa jadi akan menjadi pilihan terbaik untuk bersantai .Tempat wisata yang alami dan masih tersembunyi ini menawarkan wisata snorkeling dan pemandangan luar biasa.

Berlokasi di dekat Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jatim. Pantai dengan tiga warna air laut menjadi daya tarik yang mempesona. Sesuai dengan namanya, air laut disini memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu putih, hijau dan biru.

Pengaruh kedalaman air laut dan gradasi sinar matahari yang menciptakan pemandangan spektakuler ini. Hanya dengan harga tiket yang tak menguras kantong, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan Pantai 3 warna. Namun untuk menjaga kelestariannya, pengunjung jumlah pun dibatasi. Bahkan diwajibkan memesan tempat terlebih dahulu sebelum datang.

Menurut pengelola pantai 3 Warna, kuota yang disediakan adalah 100 orang di dalam. Hal ini dilakukan untuk mengamankan ekosistem yang rentan terhadap kerusakan. Jadi tidak boleh overload, jumlahnya pun bisa ditingkatkan tergantung pasang surut air laut. Jika pasang surut terjadi di tengah hari maka pengunjung dapat ditingkatkan menjadi 150-175 orang dalam waktu yang bersamaan.

Lokasinya yang terpencil dan terjaga kebersihannya, membuat pantai dan laut di sini juga sangat cocok untuk program pengembangan terumbu karang. Menjaga kelestarian terumbu karang yang sempat hancur karena eksplorasi, beberapa larangan pun diberlakukan. Salah satunya, pengunjung tidak diperbolehkan kapal kecil karena dikhawatirkan jangkarnya akan merusak terumbu karang.

Cara Memesan Tempat di Pantai 3 Warna – Malang

Pantai 3 Warna Malang
Pantai 3 Warna Malang

Seperti dijelaskan diatas, bawa untuk mengunjungi tempat ini kita dihauskan untuk memesan tempat terlebih dahulu. Bahkan sebelum masuk dan setelah keluar pantai barang-barang bawaan kita akan dicatat oleh pengelola, untuk mengantisipasi kerusakan yang diakibatkan oleh ulah pengunjung.

Barang yang dibawa pulang harusa sama dengan barang yang kita bawa kesana sebelumnnya. Hal-hal ribet semacan ini tentu saja tidak perlu anda cemaskan, karena ini juga demi kepentingan menjaga kebersihan pantai. Ada beberapa syarat, saran dan info cara pemesanan tempat disana, yaitu:

  • Pengujung rombongan diwakili oleh satu orang utusan saja.
  • Pemesanan dilakukan secara online bukan tatap muka.
  • Tanyakan kuota kepada pihak pengelola melalui laman facebook mereka disini atau disini. Karena menurut info, taka akan ada negosiasi jika kuota sudah penuh. Kontak telepon yang bisa dihubungi yaitu: Sms +6281333777659 dan Call +6281333777659
  • Tanyakan juga tentang informasi pasang surut air laut, karena pada saat tersebut kuota wisatawan bisa ditambah.
  • Pastikan jumlah orang yang berpartisipasi dalam rombongan
  • Jika pengelola sudah memberi respon, silahkan berikan detail pesanan kepada mereka. Seperti: nama, jumlah peserta, tanggal pesan, tanggal tiba di lokasi.
  • Waktu pemesanan adalah pukul 08:00 – 16:00 WIB
  • Maksimal jumlah rombongan: 10 Orang
  • Pastikan memesan sejak jauh-jauh hari karena tingginya minat wisatawan terhadap Pantai 3 Warna ini.
  • Bawa logistik sendiri dari tempat anda, karena disini tak ada yang menjual kebutuhan tersebut.
  • Kondisi fisik yang fit 100% adalah modal penting menuju Tiga Warna, karena jalur trekking yang cukup jauh akan menantimu disana.
  • Peralatan snorkeling dan jaket pelampung sudah disediakan oleh pengelola pantai.
  • Hari kamis pantai tidak dibuka untuk umum, alias libur.

Perjalanan

Pantai ini terletak di Dukuh Sendang Biru, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Malang. Posisinya berada diantara Pantai Goa China dan Pantai Sendangbiru. Berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Malang. Perjalan ke tempat ini kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, karena kendaraan umum belum menjangkau pantai ini. Lebih tepatnya menggunakan kendaraan roda dua, karena hanya kendaraan roda dua yang bisa masuk ke pos retribusi pantai 3 warna.

Pantai 3 Warna ini memang belum sepopuler pantai lainnya di Malang Selatan. Ini mengakibatkan akses kesana menjadi sedikit sulit dijangkau kerena keterbatasan fasilitas. Namun ini juga yang membuat banyak wisatawan menjadi penasaran dengan keunikan Pantai 3 Warna. Jalan menuju Sumber Manjing Wetan sangat berkelak kelok, naik, turun, jadi kita harus ekstra hati-hati. Sepanjang perjalanan mata kita akan disuguhkan pemandangan yang memukau.

Peta Lokasi, Rute dan Akses

Tempat Foto Pantai 3 Warna di Malang
Tempat Foto Pantai 3 Warna di Malang

Dari Kota Malang, kita cukup mengikuti jalur ke Sendang Biru, lalu nanti kita akan sampai ke pertigaan menuju Pantai Sendang Biru. Disitu terdapat papan penunjuk arah ke Pantai Clungup. Setelah itu, kita pilih arah menuju konservasi hutan manggrove, disini jalannya masih berupa gang yang masih sempit dan licin serta becek disaat musim penghujan, tentu harus ekstra waspada melewati jalur ini.

Seperti diketahui, jalur ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Pastikan juga untuk tidak salah mengenakan kostum saat kesini, soalnnya setelah sampai ke parkiran kita masih harus berjalan kaki sejauh kurang lebih setengah kilometer menuju pos pemeriksaan.

Harga

  • HTM per orang: Rp. 10.000
  • Harga tour guide per rombongan (10 Orang) : Rp. 150.000
  • Parkir roda dua: Rp. 6.000
  • Biaya sewa peralatan snorkeling: Rp. 15.000 per set (termasuk jaket pelampung), harga yang murah meriah untuk menikmati eksotisme biota laut di Tiga Warna.

Aktivistas Wisata Yang Bisa Dilakukan Disana

  • Menikmati keindahan pantai dan Snorkeling
  • Menyusuri kawasan konservasi hutan manggrove, yang merupakan kawasan yang sempat sekarat. Namun berkat kegigihan penduduk lokal kini tempat ini kembali asri dan layak dinikmati sebagai tujuan wisata baru. Kegigihan warga ini adalah sesuatu yang patut kita tiru dan apresiasi. Luas hutan manggrove yang telah mereka pulihkan sudah mencapai 73 hektar dan diperkirakan akan terus bertambah. Fantastis bukan?
  • Menyusuri hutan lindung Desa Tambakrejo

Pemandangan Pantai 3 Warna Dalam Foto

Tidak lengkap rasanya jika keindahan hanya terungkap melalui kata-kata, berikut kami sertakan beberapa foto terbaik karya para user instagram untuk meyakinkan anda bahwa tiga warna ini memang benar-benar indah.

Keindahan Pantai 3 Warna di Malang 1
Pantai 3 Warna saat kosong | foto dari gmap
Bermain banana boat di Pantai 3 Warna Malang
Bermain banana boat di Pantai 3 Warna Malang

Mungkin karena rentan itulah yang membuat para pengelola begitu mati-matian melakukan segala cara untuk mempertahankan keindahan Pantai di tengah namanya yang semakin melambung. Sudah seharusnya kita sebagai wisatawan yang beretika turut membantu mereka dalam melestarikan alam Pantai 3 Warna.

Informasi wisata Malang Lainnya:

Denda yang tak sedikit pun menanti para wisatawan yang lalai dalam menjaga kebersihan, yaitu sekitar Rp.100.000 per item sampah yang ditinggalkan. Oleh karena itu, jika tak ingin tekor, maka selalu jaga kebersihan dan membawa kembali sampahmu dari salah satu tempat eksotis di Malang ini. Kondisi yang ekstra ketat ini justru menjadi daya tarik yang bisa membuat wisatawan menjadi penasaran dengan Pantai 3 Warna ini. Terbukti dengan tak pernah sepinya peminat yang melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari. Piye, apa kamu juga ikut-ikutan penasaran dengan Pantai 3 Warna di Malang ini?

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0