Pantai Bangsring Banyuwangi, Snorkeling, Juli 2021 Rute Jalan ke Lokasi Wisata

Keindahan Pantai Bangsring by Gmap
Keindahan Pantai Bangsring by Gmap
0
(0)

Alamat: Pantai Bangsring, Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi Regency, East Java 68453
Google Maps: Klik Disini
Harga Tiket Masuk (HTM): Gratis
Jam Buka: Setiap Hari, 24 Jam
Nomor Telepon: +6281232054549

Sebagai negara kepulauan, sangat wajar jika Indonesia memiliki banyak wilayah perairan dan tentu saja pantai. Bahkan, hampir semua provinsi di Indonesia memiliki pantai.

Seperti salah satu provinsi di Indonesia, yaitu Jawa Timur, yang mana kaya akan pantai nan indah. Salah satunya di Kabupaten Banyuwangi. Jika akan berwisata ke Pulau Bali melalui jalur darat, pasti Anda akan melewati BWI.

Singgahlah sebentar di salah satu pantai dengan spot snorkeling terindahnya, yaitu Pantai Bangsring.

Pesona Keindahan Pantai Bangsring

Pemandangan di pantai bangsring by Gmap
Pemandangan di pantai bangsring by Gmap

Awalnya, Pantai Bangsring bukanlah objek wisata, hanya daerah pesisir pantai saja. Tidak banyak juga sejarah atau legenda tentang tempat yang biasa disebut warga sekitar dengan Bangsringan ini.

Tapi, karena mulai banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, maka pemerintah Kabupaten Banyuwangi mulai melakukan beberapa perubahan dan renovasi. Hingga kini, Pantai Bangsring sudah menjadi objek wisata dengan berbagai fasilitas meskipun tiket masuk masih digratiskan.

Objek wisata ini masih terbilang baru, hal ini terlihat ketika Anda memasuki gapura yang terbuat dari batang kayu dengan bertuliskan, “Selamat Datang di Bunder”, di mana kayu gapura masih terlihat baru cat nya.

Selain itu, jalan setapak menuju pantai pun dibuat dari paving dan terlihat baru. Di kanan kiri jalan, Anda akan melihat bangunan berbentuk rumah sederhana, dimana ini merupakan warung makanan yang menjual aneka seafood dan hidangan lain.

Masuk di area pantai, Anda akan disambut dengan suara deburan ombak. Ombak di sini pun relatif tenang, sehingga pas untuk kegiatan berenang, snorkeling, serta diving. Air laut yang biru menjadi bukti bahwa di bawah laut, perairannya begitu jernih.

Pasir pantai putih dan lembut, sehingga nyaman ketika berjalan di atasnya. Selain itu, di tepian pantai juga terdapat pepohonan dan semak – semak, yang menambah deskripsi asri di pantai ini.

Tidak hanya di Pantai Bangsring, Anda juga dapat menyeberang ke Pulau Tabuhan yang terletak di sebelah objek wisata ini, dengan menggunakan perahu. Tidak kalah indah, Pulau Tabuhan merupakan pulau kecil dengan pesona bak surga di dunia.

Karena keindahan tidak hanya di daratan, namun juga di bawah laut, maka Anda disarankan membawa camera underwater, sehingga dapat mengabadikan foto di bawah laut. Jangan lupa juga mengambil gambar di daratan sebelum berbasah – basah bermain di laut.

Baca juga Pantai Bama Banyuwangi pantai indah lain di Banyuwangi yang bagus buat snorkeling.

Konservasi Terumbu Karang

Pantai Bangsring dikenal sebagai pantai dengan spot snorkeling terindah di Banyuwangi. Hal ini bukan suatu kebetulan, karena memang para nelayan, warga sekitar, serta para pengunjung turut serta dalam upaya pelestarian terumbu karang.

Sejak tahun 2008, para nelayan membangun konservasi dan menerapkan cara penangkapan ikan yang aman dan ramah lingkungan. Penangkapan ikan menggunakan bahan peledak atau zat kimia berbahaya yang dapat merusak kehidupan bawah laut mulai ditinggalkan.

Oleh karena itu, hingga sekarang kehidupan bawah laut Pantai Bangsring menjadi idola para pecinta dunia bawah laut. Begitu juga terumbu karang yang tumbuh subur di dalamnya.

Snorkeling dan Diving

Snorkling di Pantai Bangsring by Gmap
Snorkling di Pantai Bangsring by Gmap

Dari permukaan air laut sebenarnya Anda sudah dapat melihat terumbu karang dan ikan – ikan hias berenang. Namun, rasanya tidak puas jika belum mengeksplor dan menyelam langsung ke dalam laut.

Bagi yang belum profesional, Anda dapat snorkeling di sekitar rumah apung. Akan ada pemandu yang membantu Anda bagaimana cara melakukan snorkeling. Tak perlu khawatir juga mengenai peralatannya, karena di sini pun disediakan persewaan perlengkapan snorkeling.

Sedangkan jika Anda sudah mahir menyelam, Anda bisa melakukan diving. Tentu saja akan lebih banyak mengeksplor kehidupan bawah laut.

Selain menikmati keindahan bawah laut, bagi Anda yang melakukan snorkeling maupun diving, diwajibkan melakukan penanaman vegetasi pantai serta hal lain yang berkaitan dengan konservasi bawah laut.

Renang Bersama Hiu

Berenang dengan ikan di pantai bangsring by gmap
Berenang dengan ikan di pantai bangsring by gmap

Satu yang menjadi highlight di objek wisata ini adalah sensasi berenang bersama hiu sirip hitam di penangkaran. Awalnya, hiu – hiu ini adalah hiu yang tidak sengaja terjerat jaring nelayan sewaktu melaut. Kemudian hiu yang terluka ini dipelihara hingga pulih, baru kemudian nantinya dilepaskan kembali ke laut.

Tidak perlu khawatir berenang bersama hiu, karena hiu di sini sudah jinak. Namun perlu diingat, ketika masuk ke dalam kolam hiu, jangan langsung loncat dan jangan membuat gerakan tiba – tiba, agar hiu tidak kaget. Yang terpenting, pastikan di tubuh Anda tidak terdapat luka atau darah.

Baca juga Wisata Alam Ala Afrika di Taman Nasional Baluran.

Rumah Apung

Warung Apung di Pantai Bangsring by Gmap
Rumah Apung di Pantai Bangsring by Gmap

Rumah apung berjarak kurang lebih 20 meter dari bibir pantai. Anda dapat menuju ke rumah apung menggunakan perahu. Luas rumah apung yaitu 27 x 7 meter dengan bentuk bangunan seperti gubuk.

Di sini, terdapat 8 kolam karamba, 17 kano, 4 banana boat, peralatan snorkeling dan diving, serta 35 toilet. Dari rumah apung, Anda juga dapat memberi makan ikan dengan roti. Petugas akan menyediakan roti, dan Anda tinggal memberikannya pada ikan langsung dari permukaan laut.

Anda juga dapat bermain banana boat, serta dapat berkeliling dengan perahu. Nikmati sensasi berkeliling di atas laut yang indah. Atau jika suka memancing, Anda bisa memancing di kolam karamba.

Fasilitas di Pantai Bangsring

Di sini, terdapat berbagai fasilitas permainan seperti kano, banana boat, bola air, serta peralatan diving dan snorkeling. Untuk tiap peralatan, Anda juga harus mengeluarkan biaya tambahan.

Di sekitar lokasi, terdapat penginapan berupa hotel serta homestay. Anda dapat menyesuaikan penginapan dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan GPS atau peta online. Selain itu, bisa juga mengikuti rute dari bis kota.

Dri Terminal Sri Tanjun, lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Raya Bangsring.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0