Wisata Pantai Di Wonosari Jogja Termurah 2021 Cocok Untuk Liburan Keluarga

Pantai Sadranan
Pantai Sadranan
0
(0)

Daftar wisata Pantai di Wonosari murah yang cocok untuk liburan keluarga di Jogja. Daerah Wonosari memang telah dikenal secara luas khususnya di Indonesia, populer dengan deretan nama-nama wisata pantai Wonosari Jogja atau pantai di Jogja yang memiliki panorama alam yang sangat indah. Hal tersebut tentu saja memberikan berkah terhadap warga sekitar dengan ramai kunjungan pada kawasan wisata pantai Wonosari. 

Indonesia telah dikenal sebagai surga khatulistiwa yang menyimpan berjuta potensi wisata yang tersebar diseluruh kawasannya. Bentang alam yang indah menjadi modal utama untuk dapat menarik minat wisatawan asal mancanegara. Sebagai kota wisata Jogja memang memiliki pesona lebih jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya.

Tempat wisata Yogyakarta memang telah begitu melekat dalam benak setiap masyarakat Indonesia sebagai destinasi liburan terfavorit, sehingga menobatkan kota Gudeg ini sebagai provinsi wisata ke dua setelah Bali. Bagi kamu yang gemar akan suasana pantai, tentulah sudah tak asing dengan daerah Gunungkidul bukan? ya, kabupaten ini mempunyai ibukota bernama Wonosari yang notabene menyimpan segudang potensi akan wisata bahari yang menakjubkan.

Kendati memiliki alam yang kurang terlalu subur sekaligus selalu mengalami krisis air bersih, namun Tuhan berkehendak lain dengan memberikan berkah melimpah berupa bentang akan pantai yang mempesona. Nama besar kawasan wisata Gunungkidul atau wisata Wonosari memang populer memiliki daftar pantai-pantai indah, seperti tak kenal kata habis perihal wisata pantai Wonosari dewasa ini telah banyak destinasi liburan baru yang dibuka untuk umum.

Seperti dalam beberapa kesempatan yang lalu, dimana saya telah mengulas secara detail tentang pantai di Gunungkidul terbaru. Akan tetapi dari lokasi wisata pantai Wonosari baru ini, ternyata ada beberapa yang saya rasa kurang tepat bilamana kamu datang bersama keluarga.

Terdapat beberapa faktor alasan mengapa saya mempunyai statement demikian, mulai kurangnya segi keamanan akan bahaya di Pantai, letak lokasinya yang jauh, akses yang cukup sulit di jangkau hingga masih minimnya fasilitas. Oleh karena itulah maka kali ini saya akan kembali mereview kumpulan wisata pantai di Wonosari yang cocok bagi kamu yang ingin berlibur bersama sanak keluarga.

Pada malam hari ini saya akan memaparkan secara detail wisata Pantai Wonosari Jogja termurah cocok untuk liburan keluarga. Semoga dari setiap informasinya nanti akan dapat bermanfaat bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya dimana pun anda berada.

Mungkin dari kamu ada yang bertanya, mengapa lagi lagi Wonosari? seperti dalam penjelasan di awal yang menyebutkan bahwasanya disini lah terdapat setidaknya kurang lebih sekitar 70 lokasi wisata pantai Wonosari yang mengagumkan keindahannya. Dimana hanya sekitar 20% dari jumlah tersebut yang sudah dilengkapi dengan sarana dan fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan pariwisata.

Terlebih jikalau kamu ingin merasakan moment liburan bersama seluruh anggota keluarga, tentulah keamanan menjadi faktor yang utama bukan? Oleh karena alasan tersebutlah, maka kamu sebagai calon wisatawan dituntut untuk cermat menilai apakah lokasi wisata pantai Wonosari tersebut cocok untuk liburan kamu sekeluarga. Namun tak perlu khawatir, untuk menjawab atas persoalan tersebut maka berikut adalah kumpulan dari lokasi wisata pantai Yogyakarta yang saya rekomendasikan

1. Pantai Indrayanti

suasana pantai indrayanti
Suasana Pantai Indrayanti. Foto:@indrasutantoo

Wisata pantai Wonosari ini memang bisa dikatakan sebagai pantai terpopuler yang berada di Jogja, dimana keindahannya telah diakui oleh banyak kalangan. Suasana yang nyaman merupakan kunci utama kesuksesan wisata pantai ini, mengapa demikian? pasalnya jikalau pada tempat wisata pada umumnya selalu memiliki persoalan terhadap sampah, namun tidak bagi Pantai Indrayanti.

Dimana seluruh kawasan di pantai Wonosari ini selalu terjaga akan sampah, baik dari sampah dari para wisatawan maupun sampah yang terbawa dari laut. Pihak pengelola menuturkan demi dapat menciptakan suasana nyaman dan bersih dari sampah mereka siap menegur dengan keras dan bahkan memberikan sanksi denda terhadap para wisatawan yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Ya, saya rasa hal tersebut perlu di apresiasi mengingat perlu adanya sentilan khusus pada masyarakat dewasa ini agar kita selalu teringat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Selain faktor tersebut, keunggulan paantai ini dibandingkan lainnya ialah dari segi keamanan serta fasilitas yang sudah cukup lengkap. Dimana untuk menjaga keamanan dari setiap pengunjung, pihak pengelola telah mendirikan Posko Tim SAR di beberapa titik sepanjang garis pantai, hal tersebut bertujuan guna dapat memberikan rasa aman terhadap para wisatawan yang berada di pantai Wonosari ini.

Perihal fasilitas, rasanya tak perlu khawatir dimana mulai dari cafe/restoran, wahana permainan air hingga penginapan sudah tersedia dengan beragam pilihan yang dapat disesuaikan dengan isi kantong. Bagi kamu yang ingin berkunjung, ada baiknya kamu simak ulasan secara lengkap tentang Pantai Indrayanti.

2. Pantai Sundak

tebing Pantai Sundak
tebing Pantai Sundak

Sebagai salah satu pantai terindah di Yogyakarta, wisata pantai Wonosari ini pun telah dilengkapi beberapa fasilitas penunjang kegiatan pariwisata, kendatipun masih terbilang belum cukup lengkap namun saya rasa itu sudah cukup memberikan kenyamanan saat berlibur di pantai ini. Sebagai beberapa contoh fasilitas yang terdapat di Pantai Sundak ialah lokasi parkir kendaraan luas, masjid, toilet, payung wisata, saung/gazebo, warung makan hingga area camping ground.

Menariknya penyewaan dari beberapa fasilitas tersebut tergolong masih cukup murah, pasalnya memang pantai ini belumlah tergolong pantai komersil. Untuk penyewaan saung/gazebo, kamu hanya cukup merogoh kocek sekitar Rp. 20.000/unit dengan kapasitas hingga 10 orang. Kemudian untuk perihal makanan/minuman pun masih tergolong murah, sebagai contohnya untuk satu butir kelapa ijo hanya dikenakan sekitar Rp. 10.000/butir saja. Cukup terjangkau bukan?

Bagi kamu yang ingin membawa serta putra dan putri untuk bermain di pantai Wonosari, saya rasa pantai ini cukup tepat pasalnya pantai ini memiliki jenis perairan dangkal terlebih bila waktu air surut kedalamannya hanya mencapai betis orang dewasa saja. Oleh karena itu, dengan segala potensi wisatanya, maka ada baiknya kamu dapat merasakan liburan bersama keluarga di Pantai Sundak.

3. Pantai Kukup

Pantai Kukup Yogyakarta
Pantai Kukup Yogyakarta

Memiliki suasana nyaman, pasir pantai halus sepanjang bibir pantai serta perairan jenis dangkal akan membuat siapapun senang kala berada di wisata pantai Wonosari ini. Bagi kamu yang ingin berlibur bersama putra dan putri, saya rasa boleh lah memasukkan nama Pantai Kukup dalam list liburan kamu.

Mengapa demikian, pasalnya putra-putri kamu akan dapat aman bermain atau pun berenang di kawasan pantai ini. Dengan memiliki type perairan dangkal dengan arus yang cukup tenang membuat siapapun dapat menikmati keindahan alamnya tanpa harus cemas. Terdapatnya jajaran gugusan batu karang yang menjadi benteng pelindung alami, dimana deretan karang tersebut seakan menjaga pantai sepanjang 85-100 meter dari ganasnya ombak dari laut pesisir selatan.

Selain itu, masih terdapat pula keseruan lainnya, dikarenakan perainannya masih sangat terjaga maka tak jarang lokasi pantai Wonosari ini dijadikan sebagai tempat observasi pengamatan langsung terhadap ekosistem bawah laut dari berbagai kalangan pelajar.

Kamu pun dapat mengenalkan pada putra-putri tentang keanekaragaman biota laut, bila kurang puas kamu pun dapat mampir ke Gedung Akuarium Biota Laut untuk memberikan pengenalan secara lengkap. Kemudian perihal penginapan pun telah tersedia dengan beragam pilihan dengan harga yang cukup kompetitif berkisar antara Rp. 100.000-Rp. 300.000/malam (tergantung type dan fasilitas kamar). Tertarik ingin berkunjung, ada baiknya kamu simak terlebih dahulu ulasan lengkapnya tentang Pantai Kukup.

4. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Pantai Sadranan. Foto:@alexa_jogja

Mungkin kamu pun sepakat bukan tentang keganasan ombak khas selatan Jogja, ya memang bukan rahasia umum lagi jikalau pesisir selatan terkenal dengan arus ombak yang besar dan kuat yang berasal dari Samudra Hindia. Namun jangan salah dari sekian banyaknya lokasi pantai Jogja atau pantai Wonosari ternyata masih ada pula lokasi aman untuk kamu dapat bermain air di pantai, salah satunya ialah Pantai Sadranan.

Memiliki perairan dangkal dengan kedalaman hanya sekitar 1 meter, bahkan kala disaat waktu surut air pun jauh turun dari kedalaman awalnya. Oleh karena itulah mengapa pantai ini dijadikan salah satu spot untuk berenang atau snorkeling di pantai Yogyakarta.

Dengan begitu, kamu pun dapat secara aman berenang bebas menikmati keindahan alam bawah lautnya. Kemudian untuk perlengkapan snokeling kamu pun tak perlu repot menyiapkannya sendiri, dimana sudah banyak tersedia penyewaan peralatan tersebut sepanjang garis pantai.

Akan tetapi perihal penginapan, memang belum tersedia di pantai ini, sehingga mau tidak mau kamu pun harus mencari penginapan di sekitar pantai lainnya seperti di Pantai Baron atau Pantai Indrayanti. Tertarik ingin snorkeling ria di pantai cantik ini, ada baiknya kamu baca terlebih dahulu ulasan lengkapnya tentang Pantai Sadranan.

5. Pantai Drini

Pantai Drini Wonosari
Pantai Drini Wonosari. Foto:@andinipraba

Dikenal sebagai salah satu wisata pantai Wonosari yang unik jika dibandingkan pantai-pantai tetangga sekitarnya. Mengapa demikian, pasalnya pantai ini seakan mempunyai dua wajah yang berbeda dimana terdapat sebuah pulau karang yang memisahkan keduanya.

Memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain untuk sisi timur memiliki perairan dengan arus yang tenang sedangkan sisi barat memiliki arus yang cukup kuat. Oleh karena itu bagian sisi timur merupakan bagian yang aman bilamana ingin bermain disekitar pantai, selain itu terdapat pula beberapa fasilitas payung wisata dan saung/gazebo pada sisi tersebut.

Pantai Drini notabene adalah pantai nelayan, dimana seperti pantai nelayan pada umumnya terdapat jajaran perahu yang kerap digunakan melaut disekitar bibir pantai. Oleh karena itulah pada sisi barat di pantai ini, kamu pun dapat menemukan suasana yang serupa, selain itu terdapat pula sebuah tempat pelelangan ikan hasil tangkapan para nelayan.

Sehingga selain dapat berwisata kamu pun dapat membeli aneka pilihan ikan segar yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jika ingin berkunjung, sebaiknya kamu simak terlebih dahulu ulasan tentang Pantai Drini.

6. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal. Foto:@@rz.ilhm

Memiliki panorama alam indah dengan hamparan pasir putih serta perbukitan karst menjulang tinggi yang mengelilingi sisi timur dan barat. Pemandangan wisata pantai Wonosari ini akan jauh lebih indah jika kamu nikmati dari bukit sisi barat pantai. Selain itu kamu pun dapat berkeliling ke sisi timur dimana kamu dapat menjumpai kawanan kera, sungguh pengelaman menyenangkan dapat menikmatinya bersama putra-putri.

Setelah puas berkeliling, kamu pun dapat menyegarkan badan dengan berenang sepuasnya dibibir pantai. Dimana pasir di pantai ini cukup landai, sehingga cukup aman untuk seluruh anggota keluarga berenang dan bermain air bersama-sama.

Keseruan lainnya ialah kamu sekeluarga dapat berfoto ria disekitar Pohon Duras (Pok Tunggal) dari nama tanaman tersebutlah nama pantai ini diambil. Pohon ini menjadi ikon dan spot berfoto wajib bilamana kamu berkunjung. Namun karena pohon ini sangat dijaga oleh para warga sekitar, sehingga kamu pun tak boleh memanjat/merusak pohon tersebut.

Itu lah sederet nama-nama lokasi wisata pantai Wonosari atau pantai indah di Jogja yang saya rekomendasikan bagi kamu yang ingin berlibur bersama keluarga. Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri. Mencintai keluarga adalah sebuah amanah dari setiap manusia yang telah diberikan oleh Sang Khalik. Oleh karena itulah, rumah bukan hanya sekedar tempat, namun melainkan adalah orang-orang yang ada di dalamnya. Jika kamu kembali saat orang-orang tersebut tak ada, maka itu bukanlah sebuah Rumah.

Demikan lah ulasan saya kali ini perihal wisata pantai Wonosari Jogja termurah cocok untuk liburan keluarga. Terima kasih dan semoga dari segala informasinya dapat berguna dan dijadikan sumber referensi tambahan bagi kamu atau para pembaca budiman  sekalian.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0