Pantai Krakal Jogja 2022 : Pesona Tersembunyi Dan Tiket Masuk

Keindahan Pantai Krakal Jogja
Keindahan Pantai Krakal Jogja
0
(0)

Lokasi: Jl. Pantai Krakal, Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Map: Klik Disini
HTM: Rp 10.000,-
Buka / Tutup: 24 Jam
No. Telepon: 

Pantai Krakal mulai banyak dikenal oleh masyarakat Jogja khususnya. Wisata ini sudah biasa dijadikan sebagai tujuan wisata masyarakat DIY, terutama pada akhir pekan.

Meski pada hari-hari biasa Pantai Krakal tidak terlalu ramai dikunjungi. Namun, keindahan pantai dan fasilitas serta akomodasinya tergolong cukup lengkap. Nah, berikut adalah rangkuman info singkat mengenai objek wisata Gunung kidul yang satu ini.

Daya Tarik Pantai Krakal di Gunung kidul

Panorama Pantai Krakal Jogja
Panorama Pantai Krakal Jogja

Pantai ini memiliki banyak pesona terutama ombak dan kondisi alam sekitarnya yang sangat indah. Pantai Krakal memiliki kontur yang landai namun kamu harus berhati-hati saat berkunjung ke tempat ini.

Pantai ini didominasi pasir berwarna kuning keemasan dan di bawah pasir tersebut terdapat batu karang yang terkadang sedikit tajam sehingga wajib bagi kamu untuk menggunakan alas kaki saat berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai.

Di sekeliling pantai tampak tebing-tebing karang yang indah dipenuhi rimbunan pepohonan dan semak belukar yang tanpa kontras dengan air laut yang biru dan jernih.

Banyaknya karang yang menyembul di tempat ini membuat suasana pantai tampak sedikit berbeda dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya yang ada di bagian selatan Yogyakarta seperti Pantai Sadranan atau Pantai Sundak dan Pantai Indrayanti.

Kebanyakan mereka yang datang ke pantai ini selain untuk menikmati keindahan alam dan debur ombak, pantai ini juga dikenal sebagai salah satu tempat untuk bermain surfing.

Pada musim kemarau terutama antara bulan April hingga September, pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan menantang. Jadi, bagi kamu penggemar surfing, jangan lupa untuk membawa peralatan surfing saat berkunjung ke pantai yang mempesona ini.

Walaupun ombaknya tidak terlalu tinggi namun cukup untuk memberikan kamu kesenangan.

Selain rame oleh pengunjung, sebenarnya Pantai Krakal juga banyak dimanfaatkan oleh nelayan untuk memancing ikan, terutama di pinggir pantai atau di sela-sela batu karang.

Mengingat pantai ini banyak terdapat karang dan cukup berbahaya, maka bagi kamu yang ingin surfing sebaiknya lebih berhati-hati, dan pilihlah tempat-tempat yang tidak terlalu berbahaya atau tidak terlalu banyak karang.

Simak juga Hutan Pinus Imogiri Mangunan Jogja.

Peta dan Akses ke Pantai Krakal

Keindahan Pantai Krakal Jogja
Keindahan Pantai Krakal Jogja

Krakal menghadap ke laut selatan Jawa, tepatnya di Desa Ngestirejo, Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta. Dari peta lokasi diatas kita bisa melihat bahwa Pantai Krakal berdekatan dengan objek wisata lainnya, seperti:

  • Berjarak 650 meter ke Pantai Sadranan
  • 1.6 km ke Pantai Ngandong
  • 2 km ke Bukit Watusamudra
  • 1.9 km ke Pantai Sundak
  • 2.3 km ke Pantai Indrayanti

Jika kita datang dari Yogyakarta dan menyusuri Jalan Pantai Selatan Jawa, kita akan melewati beberapa pantai indah mulai dari Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Watu Kodok, Pantai Drini, dan kemudian kita akan menemukan Pantai Krakal setelah melewati Pulau Watu Payung.

Untuk bisa sampai ke pantai, kita bisa memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, kemudian ambillah jalan yang mengarah ke Pantai Selatan Jawa. Setelah itu kamu harus mengarahkan kendaraan menuju Jalan Panggulan – Imogiri untuk menuju ke daerah Panggang. Sesampainya di Panggang kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan mengikuti Jalan Pantai Selatan Jawa.

Jalanan yang akan kamu lalui sudah cukup lebaran dan beraspal serta mulus sehingga kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa memanfaatkan kendaraan roda dua atau roda empat.

Lama perjalanan yang kamu tempuh kurang lebih dua jam, atau dua jam setengah tergantung dari pengetahuan kamu mengenai jalan jalan menuju ke pantai. Namun jangan khawatir karena ada banyak pelanggan atau papan petunjuk yang akan membimbingmu hingga sampai ke pantai. Jarak dari Jogja hingga ke pantai kurang lebih 63 km.

Menyewa Kendaraan di Jogja

Bagi kamu yang berasal dari luar daerah, menginap di pusat kota Yogyakarta adalah pilihan tepat. Namun selain itu, kamu juga bisa menginap di beberapa tempat yang tidak jauh dari pantai seperti, di daerah Bantul atau di daerah Imogiri.

Namun bagi kamu yang hanya tertarik untuk datang ke pantai, kamu bisa langsung mencari penginapan yang lokasinya berada di pantai, entah itu di Pantai Krakal, Pantai Indrayanti atau beberapa pantai terkenal lainnya yang menyediakan banyak hotel maupun penginapan.

Apabila kamu memutuskan untuk menginap di pusat kota Jogja, kamu bisa memilih hotel atau penginapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Hotel di pusat kota misalnya di Jalan Malioboro, ada banyak penginapan murah meriah dengan fasilitas ala kadarnya namun cukup memadai. Harga sewa hotel atau penginapan di tempat ini mulai dari Rp. 75.000 per malam hingga jutaan untuk hotel bintang 3, 4 dan bintang 5.

Bagi kamu yang memilih hotel murah, fasilitas yang akan kamu dapatkan diantaranya adalah: tempat tidur single maupun double, kipas angin, atau kamu juga bisa memilih penginapan yang menyediakan pendingin ruangan dengan AC.

Beberapa penginapan di Jogja yang berharga murah terkadang tidak menyediakan kamar mandi dalam. Jadi, ada baiknya kamu bertanya terlebih dahulu mengenai fasilitas yang disediakan sebelum menginap.

Kemudian untuk menyewa kendaraan, kamu bisa berbicara langsung dengan resepsionis atau penjaga hotel untuk mencari tahu mengenai informasi ketersediaan kendaraan sewaan. Selain itu anda bisa juga untuk sewa motor Jogja yang terdekat dengan penginapan anda.

Bagi kamu yang tidak memiliki masalah dengan budget, memilih kendaraan berupa mobil adalah pilihan paling tepat, karena Yogyakarta terkenal sebagai salah satu kota yang cukup panas terutama pada siang hari. Akan tetapi bagi kamu yang memiliki dana terbatas, maka kendaraan roda dua bisa menjadi pilihan.

Untuk menyewa kendaraan roda dua, kamu harus merogoh kocek antara Rp. 50 .000 hingga Rp. 70.000 tergantung dari lama penyewaan. Kamu juga harus tahu bahwa beberapa penyewaan kendaraan seperti roda dua mewajibkan kamu untuk meninggalkan jaminan berupa uang setidaknya Rp. 1 juta.

Biaya sewa untuk kendaraan roda empat sangat tergantung pada jenis kendaraan dan lama penyewaan. Selain itu, beberapa penyewaan juga biasanya menyertakan sopir sehingga kamu harus membayar lebih banyak.

Sewa kendaraan roda empat berkisar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 500.000 perhari tergantung dari jenis dan lama penyewaan.

Namun bagi kamu yang sudah membekali diri dengan smartphone dan GPS, kamu tidak harus menyewa mobil bersama sopirnya. Namun jika kamu memang belum tahu dan belum pernah berkunjung ke Jogjakarta, maka menyewa mobil sekaligus sopirnya adalah ide yang brilian. (dapet guide gratis)

Baca juga Pantai Parangkusumo Jogja Malam Hari + Alamat Lokasi

Tiket Masuk ke Pantai Krakal

Icon Pantai Krakal Jogja
Icon Pantai Krakal Jogja

Menikmati keindahan objek wisata di bagian selatan Yogyakarta ini sebenarnya tidak membutuhkan biaya terlalu banyak terutama untuk tiket masuk. Loket untuk pantai kawasan Gunungkidul biasanya buka sekitar pukul 08.00 pagi.

Kamu hanya perlu membayar tiket satu kali untuk menikmati semua pantai yang ada di tempat ini. Harga tiket masuk ke Pantai Krakal Rp. 10.000 (sudah termasuk biaya ke objek wisata lain disekitarnya).

Fasilitas dan Akomodasi

Payung Teduh Pantai Krakal Jogja
Payung Teduh Pantai Krakal Jogja

Walaupun sering dijadikan sebagai tempat surfing, namun pantai ini belum menyediakan pusat-pusat penyewaan alat surfing atau alat berenang. Jadi, bagi kamu yang tertarik untuk berselancar sebaiknya membawa sendiri peralatan dari rumah.

Pantai ini cukup terawat dan bersih, selain itu beberapa akomodasi seperti tempat menginap juga banyak bertebaran di sekitar pantai. Kamu tidak akan kesulitan menemukan hotel atau penginapan berupa guest house dan restoran.

Warung makan yang ada di tempat ini rata-rata menyediakan menu seafood dengan perpaduan antara masakan jawa serta masakan modern.

Penginapan yang ada di sekitar objek wisata ini jumlahnya memang tidak terlalu banyak. Beberapa diantaranya adalah Paradiso Hotel, Sembodro Cottage, Penginapan Bob Home, dll. Jika kamu menyusuri bagian timur dari tempat ini, kamu akan sampai ke Pantai Sandranan yang juga tidak kalah indahnya dibandingkan dengan Pantai Krakal. Pantai ini walaupun berukuran lebih kecil namun memiliki daya tarik tersendiri yang mungkin tidak akan kamu temukan di Pantai Krakal.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0