Pantai Ngrenehan: Harga Tiket Masuk & Rute ke Lokasi

Pantai Ngrenehan Foto By Fajar Agung 1
Pantai Ngrenehan Foto By Fajar Agung 1
0
(0)

Lokasi: Pantai Ngrenehan, Kanigoro, Kec. Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871
Map: Klik Disini
HTM: Rp5000-Rp20.000

Selain pegunungan yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara di Daerah Istimewa Yogyakarta, ternyata pantai di Jogja pun tidak kalah mempesonanya. Pantai di Yogyakarta ini terbilang cukup banyak dan hampir semuanya eksotis dan indah. Salah satunya adalah pantai Ngrenehan.

Pantai yang berlokasi di Yogyakarta ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Dengan demikian tidak heran jika pantai Ngarenehan ini dapat memikat penglihatan siapa saja yang berkunjung ke pantai ini karena adanya keindahan alam yang mempesona.

Pantai Ngarenehan ini mempunyai pasir putih yang menghampar bersih sehingga ketika ada yang berkunjung dapat merasakan ketenangan pikiran dan keindahannya. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 30 km ketika di akses dari Wonosari, yang memang terbilang cukup jauh jangkauannya.

Pantai Ngarenehan ini mempunyai keelokan yang unik sehingga akan membuat wisatawan terkagum-kagum. Bonus dari pantai ini adalah anda dapat menikmati pasir putih bersih dan ombak yang berdeburan juga dihimpit oleh perbukitan kapur.

Menurut warga sekitar, konon katanya dulu sebelum terkenal dengan yang namanya pantai Ngarenehan, pantai ini yakni pantai yang sering digunakan oleh nelayan. Dulunya pantai ini dipenuhi dengan perahu yang selalu dipenuhi oleh nelayan untuk menangkap ikan di laut.

Namun seiring berjalannya waktu, para nelayan dan warga sekitar menyadari bahwa pantai ngrenehan ini memiliki keindahan yang harus ditunjukkan kepada khalayak ramai karena memiliki pemandangan yang mempesona. Setelah itu, pantai Ngarenehan ini lama-lama di kembangkan menjadi tempat wisata.

Sejarah Pantai Ngrenehan

Pantai Ngarenehan ini mempunyai sejarah yang sebagian orang mungkin belum mengetahuinya. Jadi, pantai ini dinamai oleh Raden Patah. Pada waktu itu, tradisi Jawa memang masih dipergunakan untuk memberikan nama satu tempat yang digunakan secara turun-temurun.

Ada bahasa Jawa pangrena (diambil dari bahasa Jawa) yang artinya adalah sebuah ajakan jika bahasa tersebut di artikan ke dalam bahasa Indonesia. Pangrena yakni kata yang berasal dari kata rene yang berarti sini jika di ubah ke dalam bahasa Indonesia. Maka, dari penggabungan kata tersebut adalah Ngarenehan atau di sebut dengan marilah kesini.

Lokasi

Karang di Pantai Ngrenehan Foto By Wisata Jogja285
Karang di Pantai Ngrenehan | Foto By Wisata Jogja285

Pantai Ngarenehan ada di Desa Kanigoto, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sesampainya anda di pantai Ngrenehan anda akan menjumpai sebuah bangunan luas yang berisikan berbagai jenis ikan atau sering disebut juga dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).  Biasanya, berbagai jenis ikan tersebut merupakan hasil tangkapan nelayan pada malam hari ketika mereka mencari ikan dan di jual di TPI ketika menjelang pagi dan ikan disini pun semuanya selalu tampak segar karena diambil langsung dari laut.

Simak juga tentang Mengapa Pantai Nglambor Jadi Lokasi Snorkeling Teraman Di Pantai Jogja

Rute Menuju Pantai Ngrenehan

Untuk bisa sampai ke pantai Ngrenehan, anda bisa mengikuti arahan dari google maps atau mengikuti arahan dari rambu informasi yang sering anda jumpai di tepi jalan raya. Rute untuk bisa sampai ke pantai Ngarenehan ini terbilang cukup mudah. Tidak seperti tahun-tahun yang lalu, untuk bisa masuk ke pantai ini anda akan disuguhkan dengan kondisi jalan yang rusak karena belum adanya perbaikan sama sekali.

Jika anda menggunakan jalur dari kota Jogja, anda harus menuju ke arah Piyungan, Kabupaten Bantul. Anda juga bisa menggunakan jalan lain yakni dari Pathuk dan juga Sambiptu. Ketika anda telah melewati kedua jalan itu, anda akan menjumpai lapangan terbang yang bernama Gading dan anda akan sampai di simpang tiga. Ketika anda sudah menuju arah Playen, anda akan terhubung langsung dengan jalur pasar Trowono.

Ketika anda sudah sampai di pasar Trowono, anda harus meneruskan perjalanan anda untuk sampai di Desa kanigoro. Sesampainya di Desa Kanigoro, anda akan menjumpai penjaga pantai di tempat wisata dan anda akan di tawari tiket untuk ke pantai Ngarenehan. Jika anda membawa kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat, jangan khawatir karena akses untuk sampai di pantai ini sudah dapat di jangkau oleh kendaraan milik pribadi maupun umum.

Harga Tiket

Harga Tiket Masuk atau sering disingkat menjadi HTM untuk nantinya anda bisa masuk ke pantai Ngarenehan yakni anda harus membayar dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp5000/orang. Biaya parkir kendaraan bermotor dan mobil sekitar Rp3.000-Rp5000/ kendaraan. Namun, beda lagi jika anda menggunakan kendaraan umum berukuran kecil, biaya yang dikenakan yakni Rp15.000 dan untuk kendaraan umum berukuran besar dipatok dengan harga Rp. 20.000.

Simak juga ulasan tentang Wisata Pantai Kukup Jadi Pilihan Lokasi Wisata Pantai Di Jogja Yang Menarik.

Aktivitas Wisata

Meskipun pantai Ngarenehan ini masih terbilang baru. Namun, pantai Ngarenehan ini mampu bersaing dengan pantai lainnya yang ada di daerah Jogja. Di bawah ini merupakan beberapa aktivitas wisata yang bisa anda nikmati selama berada di pantai Ngarenehan. Berikut adalah penjelasannya :

  1. Instagramable

Bagi kaum milenial ataupun kaum Gen Z pantai Ngrenehan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Karena, berbagai sisi atau sudut yang ada di pantai ini memiliki sisi ke unikan tersendiri dan instagramable. Ini akan menjadikan liburan anda sangat berkesan karena selain dapat memanjakan mata, anda juga dapat berfoto ria di sekitar pantai yang instagramable.

  1. Aktivitas berenang

Hal penting dari sebuah pantai yaitu anda harus mengetahui arus air dan juga aktivitas ombaknya. Di pantai Ngarenehan ini, anda tidak perlu khawatir jika anda ingin berenang atau mengajak anak anda untuk berenang. Karena, di pantai Ngarenehan ini merupakan pantai yang memiliki arus ombak dan air yang tenang dan tidak terlalu ganas seperti pantai lainnya. Sehingga pantai ini aman digunakan untuk anda yang suka berenang.

  1. Banyak tempat makan

Tidak sah jika anda main atau berkunjung ke suatu tempat atau daerah tidak mencicipi makanan khas atau sekedar berkunjung ke tempat makan. Pantai Ngarenehan merupakan sebuah pantai yang kaya akan hasil tangkapan hasil lautnya. Sehingga anda sangat cocok untuk berkunjung ke pantai ini dan mencicipi makanan yang telah di sediakan di beberapa tempat makan. Salah satunya yakni olahan ikan yang segar dan sambal khas pantai Ngarenehan.

Obyek Wisata Dekat Pantai Ngrenehan

Ternyata, ada tempat wisata lainnya yang dekat dengan pantai Ngarenehan dan dengan jarak yang dekat hanya di tempuh dengan waktu 2 km yakni ada pantai Ngobaran dan juga pantai Nguyahan yang dapat anda kunjungi setelah pantai Ngarenehan.

Sedikit pengetahuan mengenai pantai Ngobaran, pantai ini sangat terkenal dengan berdirinya patung dewa yang ada di bangunan pura. Pantai ini pun sering digunakan untuk sarana ibadah warga lokal di pura tersebut yang telah didirikan pada tahun 2003.

Baca juga ulasan tentang Pantai Sundak Jadi Alternatif Wisata Pantai Di Jogja Yang Menarik.

Penutup

Itulah penjelasan secara singkat mengenai pantai Ngarenehan dan sedikit penjelasan mengenai pantai yang ada di dekat pantai tersebut. Meskipun pantai Ngrenehan ini kecil, namun, hal tersebut tidak mengurangi keindahan yang disuguhkan. Selamat menikmati akhir pekan anda dengan keluarga di pantai Ngrenehan ini.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0