Tiket Masuk Pantai Prigi Trenggalek Jalan Menuju Oktober 2021 dan Rute Ke Tempat Wisata

Pemandangan Pantai Prigi
Pemandangan Pantai Prigi
0
(0)

Lokasi: JL.Raya Tasikmadu, Ds.Tasikmadu, Kec.Watulimo, Kab.Trenggalek Jawa Timur 66382
MAP: Klik Disini
Tarif: Rp5000 Weekdays, Rp7500 Weekend
Jam Operasional: 24 Jam
Nomor Telepon: –

Saat ini pemerintah memang sedang membagi fokusnya untuk mengedepankan pariwisata di Indonesia. Hal tersebut dibarengi dengan mandat dari pemerintah provinsi kepada seluruh jajaran pemerintah kota. Agar mendata semua tempat wisata yang ada di kota masing-masing kemudian diberi fasilitas yang lebih mendukung.

Kegiatan tersebut bertujuan agar wisatawan-wisatawan yang ada di Indonesia terus menerus mengeksplor semua tempat wisata lokal (dalam negeri), bahkan bisa menarik perhatian turis asing.

Sama halnya seperti kawasan wisata pantai Prigi di kota Trenggalek Jawa Timur. Mungkin di antara kalian sudah ada yang pernah mengunjungi tempat wisata ini dulu. Tapi lihatlah sekarang, pantai Prigi mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat sehingga fasilitasnya ditambah. Menjadikan pantai Prigi sebagai tempat wisata yang lebih kekinian.

Sekilas Tentang Pantai Prigi

Pemandangan Pantai Prigi
Pemandangan Pantai Prigi

Terletak di daerah trenggalek, tempat wisata ini sudah dibuka sejak lama. Bahkan bisa dikatakan tempat ini dulu sering ramai didatangi para wisatawan dari luar daerah serta masyarakat sekitar.

Namun memang seiring berjalannya waktu, pantai prigi mulai kalah saing dengan tempat wisata lain yang baru dibuka serta diresmikan, dikarenakan mungkin fasilitas serta kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata lain lebih banyak dibanding di pantai prigi ini.

Tapi saat ini sudah tidak lagi. Kawasan wisata pantai prigi kini sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan lagi setiap harinya, karena sudah banyak mengalami perubahan. Mulai dari bertambahnya fasilitas serta yang lainnya.

Dan yang perlu kalian ketahui adalah, selain menjadi lokasi obyek wisata, pantai prigi ini ternyata adalah pelabuhan nasional. Namanya Pelabuhan Perikanan Nusantara. Menjadi tempat nelayan menangkap ikan terbesar di seluruh kawasan pesisir pantai terutama pesisir selatan laut jawa.

Sudah begitu, kawasan pantai prigi juga dijadikan sebagai pusat perekonomian masyarakat setempat. Atau biasa disebut sebagai tempat pelelangan ikan (TPI).

Baca juga Pantai Pasir Putih Trenggalek destinasi wisata pantai lainnya.

Lokasi Dan Rute Jalan Ke Pantai Prigi

Obyek wisata satu ini terdapat di daerah kecamatan watulimo, tepatnya di JL. Raya tasik madu, desa tasikmadu, Trenggalek Jawa timur. Untuk sampai ke pantai prigi jaraknya kurang lebih 48 km jika kalian berangkat dari pusat kota trenggalek. Estimasi perjalanan sekitar 1.5-2 jam perjalanan. Tergantung kondisi jalanan bagaimana.

Namun jika kalian berangkat dari tulungagung sekitar 40 km dan jika dari Surabaya kurang lebih 184 km.

Perjalanan bisa dimulai dari pusat kota trenggalek, langsung saja mengarahkan kendaraan anda menuju ke selatan setelah melewati pertigaan durenan. Kemudian di 10 km kemudian kalian akan menemukan pertigaan kecamatan bandung. Di pertigaan tersebut ambil ke arah barat.

Tak lama kemudian setelah itu kalian akan menemukan adanya plang informasi yang menunjukkan rute jalan ke pantai prigi. Perjalanan akan dilanjutkan dengan jalan yang lurus, sampai kalian masuk ke watulimo, desa tasikmadu, lokasi pantai prigi berada.

Karena obyek wisata satu ini tidak cukup sulit untuk ditemukan, kalian bisa berangkat menggunakan kendaraan umum. Perjalanan bisa dimulai dari arah Surabaya, kalian naik saja bus dengan tujuan ke trenggalek. Turun di terminal durenan, lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot yang mengarah ke pantai prigi.

Kondisi jalan selama perjalanan bisa dibilang sudah cukup bagus dan mulus. Hanya saja ketika kalian datang ke tempat ini pada saat musim penghujan, jalanan agak sedikit licin dan lumayan membahayakan.

Keindahan Di Pantai Prigi

Pantai ini terkenal dengan desiran ombak yang tidak terlalu besar, jadi aman untuk keluarga dan anak-anak. Suasananya cukup tenang untuk duduk dan sekedar bersantai di pinggiran pantai.

Pasirnya berwarna putih kecoklatan, air lautnya berwarna biru bersih, serta menawarkan keindahan ekosistem bawah laut seperti terumbu karang yang masih tumbuh sehat di perairan prigi ini.

Berkunjung ke pantai prigi ini bisa merefresh sejenak pikiran serta tubuh kalian yang lelah dengan berbagai urusan pekerjaan. Apalagi pesona pada saat sunset, wah. Kalian wajib membawa kamera untuk mengabadikan setiap moment yang dilalui di tempat ini.

Sebagai Tempat Pelelangan Ikan Dan Pelabuhan Nasional

Dermaga Pantai Prigi
Dermaga Pantai Prigi

Hal menarik yang patut kalian ketahui tentang pantai prigi adalah kawasan wisata ini juga merupakan tempat penangkapan ikan terbesar, sepanjang pesisir selatan di pulau jawa. Kalian bisa melihat banyak nelayan berangkat dari pantai ini untuk pergi ke tengah laut menangkap ikan sebanyak mungkin.

Maka tak heran apabila berkunjung ke tempat ini, kalian melihat ada puluhan perahu milik nasional berjejer di pesisir pantai ini.

Tak hanya itu, pemandangan unik lainnya juga bakal kalian temukan seperti jejeran hewan-hewan laut segar di gelar sepanjang pesisir. Mereka sedang menjajakan hasil tangkapan laut mereka untuk dilelang.

Bahkan tempat ini disebut juga sebagai pusat perekonomian bagi masyarakat setempat dan menjadi yang paling utama selain dari jasa kapal, pengelolaan tempat wisata hingga warung-warung yang dibangun di sekitar pantai.

Sementara pada siang hari, kalian juga bakal melihat banyak para pengrajin yang sedang merakit perahu traditional dengan menyatukan serta mengolah kayu. Sangat terampil.

Biasanya pemandangan seperti ini selalu menjadi incaran para fotografi untuk diabadikan. Karena memiliki nilai atau makna tersendiri seperti mengedepankan kesan kebudayaan masyarakat Indonesia.

Tak heran jika obyek wisata ini juga jadi buruan para fotografer atau penyuka fotografi untuk mendapatkan hasil foto keren sebanyak-banyaknya. Karena memang tempatnya masih murni serta asri.

Fasilitas Dan Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Wahana Banana Boat Pantai Prigi
Wahana Banana Boat Pantai Prigi

Nah, ada banyak perbedaan fasilitas pantai prigi dulu dan sekarang pada tahun 2021. Mulai dari fasilitasnya seperti sudah tersedianya kamar mandi bersih/toilet dengan jumlah lumayan banyak.

Sudah dibikin jalur khusus pejalan kaki dengan cara menertibkan para pedagang kaki lima yang berjualan sampai di trotoar. Kawasan ditata sedemikian rupa agar semakin menarik dan rapih.

Kemudian sudah ada lapangan sepakbola lantai beserta panggung 360 yang bisa dimanfaatkan untuk acara-acara festival music. Digelar dipinggir pantai, sepertinya akan menambah daya tarik tersendiri untuk kawasan wisata ini.

Bahkan sudah dibangun beberapa café container di beberapa titik wilayah ini, untuk mendapatkan suasana baru di pantai prigi ini.

Serta buat kalian yang bingung ingin melakukan kegiatan apa, saat ini sudah tersedia penyewaan mobil ATV. Permainan seru uji adrenaline tersebut bisa kalian nikmati disini.

Didukung dengan permainan pantai lainnya seperti banana boat serta jet ski juga bisa kalian sewa di pantai prigi ini. Hampir semua permainan dan fasilitas yang menunjang telah membuat warna baru, sehingga menjadi obyek wisata kekinian di kabupaten trenggalek.

Bagi kalian yang suka snorkeling, menjelajah keindahan bawah laut. Bisa langsung bilang ke petugas dan kalian akan diarahkan ke tengah laut untuk terjun langsung dan melihat keindahan terumbu karang masih sangat murni dan terjaga keindahannya.

Fasilitas penginapan juga tersedia beberapa hotel yang dibangun di dekat obyek wisata ini. tarifnya per malam hanya Rp150.000 sampai Rp200.000.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0