Pantai Sadranan Gunung kidul 2022 : Harga Tiket, Snorkling & Lokasi

Pantai Sadranan Yogyakarta
Pantai Sadranan Yogyakarta
0
()

Lokasi: Pule Gundes II, Tepus, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
MAP: Klik Disini
Tarif: Rp. 10.000 / orang
Jam Operasional: Setiap Hari (24 Jam)
Nomor Telepon:

Wisata Pantai Sadranan jadi lokasi snorkeling di objek wisata Jogja terbaru yang terbilang sedang naik daun, bagaimana tidak pantai ini menjadi lokasi pilihan baru dari para wisatawan yang ingin liburan ke kota Jogja. Berawal dari kemajuan teknologi informasi dewasa ini membuat banyaknya para wisatawan yang datang berkunjung kerap mengupload berbagai foto-foto indah tentang pantai ini di berbagai jejaring media sosial.

Entah beralasan hanya sekedar untuk dokumentasi pribadi, mengabadikan moment hingga hanya untuk ajang pamer semata. Namun terlepas dari itu semua, hal tersebut membuat nama Pantai Sadranan mulai di lirik oleh banyak kalangan wisatawan.

Tempat wisata Yogyakarta memang bisa dikatakan sangat tepat menjadi pilihan lokasi untuk berlibur, berbagai keseruan dan pengalaman menarik dapat dijumpai di kota ini. Dengan nama besarnya provinsi ini bisa dikatakan sebagai ujung tombak bagi kegiatan pariwisata Indonesia setelah Bali. Adat istiadat Jawa yang masih terjaga, masyarakat yang ramah, kuliner khas hingga bentang alam mempesona menjadi bekal yang sangat ampuh guna menarik minat para wisatawan untuk berkunjung.  

Sekilas Tentang Pantai Sadranan

Sekilas Tentang Pantai Sadranan
Sekilas Tentang Pantai Sadranan | Foto by Wisata Jogja 988

Wisata Pantai Sadranan memang bisa dikatakan kurang sepopuler pantai lainnya di Gunungkidul, kalahnya pamor wisata alam pantai di Jogja ini membuat suasananya masih bisa dikatakan sepi akan pengunjung. Akan tetapi dari beberapa nama-nama wisata pantai Jogja terpopuler tentu saja membuat lokasinya akan menjadi padat kala waktu libur tiba, sehingga membuat dari beberapa wisatawan lainnya lebih memilih lokasi pantai di Wonosari lainnya sebagai lokasi berlibur. Salah satunya ialah Pantai Sadranan yang saat ini sedang menjadi buah bibir bagi banyak penggemar travelling. Penasaran akan pantai yang satu ini, ada baiknya kamu simak ulasannya dalam konten artikel dibawah ini.

Baca Juga :   Waduk Cirata Purwakarta Jadi Bendungan Terbesar Di Asean

Dalam kesempatan kali ini maka saya akan memaparkan secara detail perihal Pantai Sadranan Beach lokasi snorkeling baru di objek wisata Jogja. Semoga dari segala informasi yang nantinya akan disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

Sejarah Pantai Sadranan

Sebelum lanjut lebih dalam, taukah kamu asal usul sejarah Pantai Sadranan? berawal dari sebuah ritual sedekah laut bernama “Nyandra” yang sering diadakan oleh masyarakat sekitar yang bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Sang Khalik yang telah memberikan keberkahan berupa hasil tangkapan laut yang berlimpah. Dari ritual rutinan itulah maka lokasi ini dinamakan Pantai Sadranan.

Pantai Sadranan Dimana?

Lokasi Pantai Sadranan
Lokasi Pantai Sadranan | Foto by Ary Ruswanto

Lokasi Pantai Sadranan terletaak di Dusun Pulegundes 2, Desa Sidoharjo, Tepus atau tepatnya berada di sebelah timur dari Pantai Krakal. Masih memiliki satu garis pantai dengan beberapa pantai populer seperti Pantai Baron, Pantai Slili, Pantai Sundak, Pantai Indrayanti membuat kamu dapat menjelajah ke pantai mana pun yang kamu mau dalam satu kurun waktu.

Hal tersebut tentu saja sangat berguna bagi kamu yang hanya mempunyai waktu liburan yang singkat. Kemudian bagaimana cara menuju Pantai Sadranan, bila kamu dari arah Jogja dengan akses menuju arah Pantai Baron melalui rute Jl. Raya Pantai Selatan menuju kota Wonosari dengan waktu tempuh sekitar 2-3 Jam perjalanan. tampilan Google Map untuk lokasi Pantai Sadranan

Sekedar tambahan wawasan saja, pada 2015 yang lalu Pantai Sadranan pernah menorehkan catatan kelam tentang sebuah kejadian patah dan longsornya tebing yang berada di sisi timur pantai ini. Naasnya kejadian tersebut kabarnya menimpa sejumlah wisatawan yang secara kebetulan sedang berada tepat dibawah tebing tersebut. Menurut informasi dari beberapa sumber menyatakan kejadian tersebut mengakibatkan dua wisatawan luka-luka dan satu tewas akibat tertimbun tanah longsor.

Baca Juga :   Pesona Masa Lalu di Benteng Vastenburg - Wisata Murah Di Surakarta

Kelebihan di Pantai Sadranan

Terlepas dari tragedi tersebut, Pantai Sadranan memang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Memiliki pasir pantai yang masih bersih dan perairan yang jernih dan dangkal sekaligus panorama alam yang mengagumkan pastinya akan membuat siapapun akan senang berlama-lama kala berada di pantai cantik ini.

Camping di Pantai

Selain itu khusus bagi kamu yang mempunyai kegemaran akan kegiatan outdoor, kamu dapat menyalurkan hobi tersebut dengan berkemah/camping di Pantai Sadranan, dimana letak pantainya yang berada dibalik bukit serta tergolong masih sepi pengunjung membuat suasana camping akan seru serta mengasikan tanpa harus risih terganggu.

Tebing-Tebing Indah

Pemandangan Indah Dari Tebing Pantai Sadranan
Pemandangan Indah Dari Tebing Pantai Sadranan | Foto by @belladona93

Bentang alam pantai yang terbalut apik dengan jajaran bukit dan tebing-tebing karang yang mengelilingi kawasan pantai ini membuat suasananya terasa begitu esklusif, sehingga membuat bagi kamu yang gemar akan fotografi kamu dapat menyalurkan hobi tersebut disini.

Kamu dapat bebas mengambil sudut mana pun dari kawasan ini, tetapi agar hasilnya lebih terlihat sempurna saya saran kamu untuk naik ke atas bukit sisi barat pantai, untuk aksesnya kamu dapat naik melalui tangga yang sudah tersedia dekat mushollah. Pemandangan dari titik ini sangat indah dan tentu akan menghasilkan karya foto yang luar biasa terlebih bilamana pada saat cuaca cerah. 

Ombak Yang Tinggi

Satu lagi kelebihan pantai ini menurut saya adalah jikalau pada umumnya pantai di Jogja memiliki arus ombak yang kuat sehingga cukup berbahaya bilamana ingin berenang bebas di pantai. Akan tetapi lain halnya yang terjadi di Pantai Sandranan, dimana di lokasi ini kamu dapat bebas berenang atau snorkeling secara aman.

Serupa dengan Pantai Nglambor yang memiliki perairan angkal, di pantai ini pun kedalaman air hanya mencapai 1 meter saja bahkan pada saat surut air akan turun hingga kurang lebih sekitar pinggang orang dewasa. Oleh karena alasan tersebutlah, maka kedua pantai ini sangat aman bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman snorkeling di wisata pantai Wonosari.

Baca Juga :   11 Wisata Air Terjun Terindah Di Jawa Timur

Snorkling

Snorkling di Pantai Sadranan
Snorkling di Pantai Sadranan | Foto by Niitin Khasanah

Akan tetapi dikarenakan termasuk perairan dangkal, maka kamu tak bisa untuk berenang bebas dan perlu sedikit hati-hati karena bisa saja kulit lecet tergores karang. Untuk mencoba snorkeling di Pantai Sadranan kamu tak perlu harus membawa peralatan sendiri, dimana sudah disediakan beragam perlengkapan di “Sadranan Snorkeling” dengan biaya sewa yang tergolong cukup terjangkau yakni hanya sebesar Rp. 50.000/paket kamu sudah bisa mendapatkan,

  • Mask atau Masker
  • Snorkel
  • Jaket Pelampung
  • Sepatu anti slip

Harga Tiket Masuk

Keindahan Pantai Sadranan
Keindahan Pantai Sadranan

Perihal harga tiket masuk, sama seperti pada pantai-pantai di sekitar kawasan ini dimana kamu hanya dikenakan satu kali biaya sebesar Rp. 10.000/orang (include biaya masuk semua pantai di kawasan ini). Terkait sarana dan fasilitas pada Pantai Sadranan, memang bisa dikatakan belumlah cukup lengkap, dimana yang ada hanya fasilitas sebagai berikut

  • Lokasi tempat parkir kendaraan
  • Warung makan
  • Saung atau Gazebo
  • Toilet
  • Mushollah

Mengingat segala keseruan dan berbagai aktivitas wisata seperti diatas, memang tak salah jikalau mengakui potensi wisata pantai Yogyakarta yang satu ini dan menjadikan Pantai Sadranan sebagai salah satu destinasi tujuan wisata di Jogja yang sangat sayang bila dilewatkan. Dimana berlibur di pantai cantik ini seakan mendapatkan sebuah paket liburan lengkap untuk menghabiskan waktu kala berada di kota Gudeg. 

*Tips

  • Hati-hati bila snorekeling di Pantai Sadranan karena perairannya termasuk dangkal, sehingga bila tak hati-hati kulit bisa saja lecet tergores karang.
  • Gunakan alas kaki selama berada di perairan pantai.
  • Karena lokasi parkir kendaraan tak begitu luas, maka jikalau telah penuh kamu dapat memakirkan kendaraan dirumah warga sekitar.
  • Jangan lupa membawa baju ganti.
  • Jangan lupa membawa kamera underwater.
  • Sediakanlah uang receh, karena di beberapa titik tikungan jalan menuju kawasan pantai terdapat aksi pungli. 
Baca Juga :   Spot Foto Terbaru 2021 di Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Menyaksikan segala keindahan dan semua pesona yang terdapat di Pantai Sadranan, seakan membuat diri ini tenggelam dan terhipnotis. Tersadar atas kuasa dari Sang Pencipta dan oleh karena segala karunia-Nya lah Indonesia menjadi surga di khatulistiwa. Ribuan ucapan syukur terucap dari bibir yang penuh dosa ini, dan dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh manusia, rasanya tak mungkin untuk bisa menyombongkan diri terhadap-Nya.

Kamu dapat pula membaca tentang Pantai Jogan Jogja.

Penutup

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Pantai Sadranan lokasi snorkeling baru di objek wisata Jogja. Terima kasih dan semoga dari segala informasi yang telah disampaikan dapat menjadi sedikit gambaran tentang pantai cantik ini. 

Berapa penilaian untuk tempat ini?

/ 5.