Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Awur Jepara Oktober 2021, Rute Menuju Lokasi Wisata

Pantai Teluk Awur View by Gmap
Pantai Teluk Awur View by Gmap
0
(0)

Lokasi: Jl. Teluk Awur, Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa tengah
Map: Klik Disini
HTM: 5 Ribu Rupiah
Buka / Tutup: 24 jam
No. Telepon: 

Mendengar nama Kota Jepara, maka kita akan di bawa ke memori perjuangan ibu kita Kartini yang sampai saat ini masih menjadi idola dan panutan. Semangat Beliau dalam memperjuangkan hak perempuan memang patut di contoh dan diteruskan.

Kali ini, kita tidak akan membahas tentang sejarah Ibu kartini. Tetapi, akan membahas mengenai kawasan wisata bernama Pantai Teluk Awur. Tempat kedua bagi masyarakat jepara yang ingin menikmati masa liburan.

Pasti saat ini sobat pelancong sudah mulai berandai-andai dan membayangkan bagaimana tempat ini. daripada berandai-andai langsung saja, kita simak deskripsi hasil penjelajahan di bawah ini.

Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur by Gmap
Pantai Teluk Awur by Gmap

Inilah dia kawasan di jepara yang bisa dibilang memiliki paket hemat. Di mana, sobat pelancong akan mendapatkan apa pun yang indah. Selain itu, menu kuliner yang mampu menggoyang lidah. Tak heran bila warga jepara datang berbondong-bondong ke tempat ini.

Walaupun, masih di kelola oleh warga sekitar. pantai ini mempunyai fasilitas dan tingkat kebersihan yang sangat terjaga. Tidak kalah dengan pantai kartini atau pantai bandengan sekalipun. Semuanya serba oke.

Keindahan laut dan fasilitas yang diberikan pun menggoda setiap pengunjung untuk datang. Apalagi, dengan penduduknya yang sangat ramah. Membuat sobat pelancong benar-benar menikmati kawasan ini.

Biasanya, banyak sobat pelancong yang mengambil spot foto dan gambar yang seru nan kece di tempat ini. jadi, jangan lewatkan sedikit pun ya. Bisa-bisa rugi dan kecewa, karena kawasannya yang instagenic.

Asal-Usul

Sebelum menikmati teluk awur yang mengesankan ini. Alangkah baiknya, sobat pelancong mendengar terlebih dahulu asal-usul dan sejarah kawasan ini. Di mana, cerita ini begitu menarik untuk disimak. penasaran? Mari kita lanjutkan bercerita.

Jadi, pada zaman dahulu ada dua orang suami istri bernama Syeikh Abdul Azis, beliau adalah seorang ulama dan penyebar ajaran agama islam. Serta, istrinya yaitu den ayu roro kuning terkenal cantik jelita.

Hampir setiap hari Syeikh abdul aziz ini pulang ke rumah dari ladang yang sedang ia kelola. Melihat perjuangan suaminya itu. Den ayu roro kuning merasa iba. Akhirnya, muncullah ide untuk melukis dirinya dan di bawa ke ladang.

Hampir setiap hari syeikh ini membawa lukisan roro ke ladang, memandangnya dan kekuatannya untuk bekerja akan kembali lagi. tetapi, suatu hari lukisan ini kabur di bawa oleh angin nan kencang.

Lukisan tersebut berlabuh ke kerajaan raja joko wongso. Melihat perempuan di gadis itu, raja pun jatuh cinta dan menyuruh prajuritnya untuk mencari sosok bidadari ada di dalam lukisan tersebut.

Syeikh abdul aziz pun mencari-cari dimana lukisan tersebut tetapi tidak bertemu. Kemudian, ia pulang dan menemukan istrinya tidak ada. Kemudian, dia mendengar bila roro hendak dijadikan permaisuri di kerajaan joko wongso.

Syeikh pun bergegas menuju ke kerajaan dengan menggunakan pakaian pengamen. Setelah bernyanyi. Roro hafal betul suara suaminya, menyuruh prajurit untuk membawa pengamen tersebut.

Nah, setelah mereka bertemu. Roro mempunyai siasat agar membatalkan pernikahannya dengan sang raja. Dengan sebuah syarat. Di mana, dia harus mencari kidang bisa berjoget dengan pakaian nelayan.

Syeikh abdul aziz pun menyamar sebagai raja, memerintahkan anak buahnya untuk mencari seorang mata-mata, memakai pakaian nelayan. Prajurit itu pun menemukan rajanya baru menyamar menjadi nelayan.

Mereka menghajarnya hingga tewas. Sebelum tewas, raja sempat berkata “teluk..teluk”. nah, dari situlah kawasan ini di sebut dengan teluk awur. Arti awur adalah ngawur atau dalam bahasa Indonesia keliru.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat lokasi kawasan ini berada di Jl. Teluk Awur, Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa tengah. Letak nya berada kurang lebih 4 km kearah selatan dari pusat kota jepara.

Dari kota jepara arahkan kendaraan menuju ke jalan Desa demaan. Atau rute menuju ke stadion kamal junaidi. Kemudian, arahkan kendaraan menuju ke desa tegal sambil. Sampai di sdn tegal samba.

Terus lurus ke arah sampai menemukan perempatan. Nah, dari sini belok ke kanan, masuk ke arah teluk awur. Kemudian, sobat pelancong akan menemukan jalan beraspal yang sudah sangat bersahabat.

Bagi yang bingung dengan rute di atas. Sobat pelancong bisa menggunakan aplikasi peta. Di mana, dengan aplikasi ini, sobat pelancong akan di tunjukkan di mana letak pantai teluk awur yang menjadi objek wisata di Indonesia ini.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk kawasan ini berlaku mulai tahun 2021 adalah 5 ribu rupiah. di tambah dengan parkir mobil sebesar 5 ribu rupiah. dan 3 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor. Kalau mau sewa pelampung bebek dikenakan harga 15 ribu rupiah.

Jam Buka Pantai Teluk Awur

Pantai teluk awur buka 24 jam sedangkan selama pandemi Covid-19 2021 pantai ini tetap buka dengan menggunakan protokol kesehatan ketat.

Penginapan

Menikmati jepara memang tidak bisa hanya satu atau dua hari saja. melainkan harus berhari-hari karena, memiliki tempat esoktis. nah, di dekat pantai teluk awur sudah tersedia berbagai macam penginapan bisa dipilih.

Mulai dari hotel hingga resort dengan harga termurah mulai dari 150 ribuan dan harga termahal mulai dari 1,5 juta rupiah. fasilitas yang akan didapatkan pun juga berbeda jauh. Jadi, sobat pelancong bisa memilih sendiri mana yang menjadi kebutuhan.

Meskipun pamornya masih kalah dengan pantai kartini. Tetapi, pantai teluk awur mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai kartini dan bandengan. Hal inilah yang menjadi daya pikat tambahan. Penasaran, ayo berkunjung ke pantai teluk awur.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0