Pulau Panjang Jepara 2021: Tiket Masuk, Camping dan Wisata Religi

Gapura Selamat Datang Pulau Panjang Jepara
Gapura Selamat Datang Pulau Panjang Jepara
0
(0)

Lokasi: Daerah Ujung Batu, Kec. Jepara, Jawa Tengah
MAP: Klik Disini
Tarif: Rp 5000,-
Jam Operasional: –
Nomor Telepon: –

Di era teknologi masa kini, yang perkembangan dunianya semakin cepat terkadang membuat kita merasa semakin cepat lelah dan juga jenuh. Kesehariannya hanya dikelilingi oleh kehidupan yang serba cepat. Gadget dan kecanggihan-kecanggihan lainnya.

Apalagi buat kalian yang hidup di kota metropolitan, jam kerja nya hampir memakan waktu 18 jam sendiri. Pastinya akan membuat kita lebih mudah setres. Jika kalian ada waktu libur, coba deh ke tempat wisata satu ini.

Lokasinya berada di daerah Jepara Jawa Tengah, tapi dijamin sangat rekomend untuk kalian yang sudah merasa suntuk dengan urusan pekerjaan yang padat. Di tempat ini kalian bisa refresh pikiran dan juga tubuh. Namanya Pantai Panjang

Eksotisme Pulau Panjang

Camping di Pulau Panjang Jepara
Camping di Pulau Panjang Jepara

Jika anda mendengar kota Jepara, maka anda akan otomatis mengingat tempat wisata Karimunjawa. Namun tanpa kalian sadari ternyata ada satu tempat wisata lagi yang keindahan serta suasana alaminya mirip dengan karimunjawa, yaitu Pulau Panjang.

Tempat ini masih sangat alami, belum banyak para wisatawan maupun pelancong yang tau. Maka dari itu tempat ini sering dijuluki “Surga dunia tersembunyi” oleh para pengunjung yang sudah pernah ke Pulau Panjang.

Warna airnya yang hijau kebiruan, gelombang ombaknya tenang, warna pasir pantainya putih dan juga teksturnya sangat lembut menjadi daya tarik sendiri dari tempat ini.

Di sekeliling pantai juga banyak ditumbuhi pepohonan hijau yang sangat rindang, jadi kalian tidak perlu takut kepanasan jika berkunjung pada siang bolong. Anginnya semilir sangat menenangkan.

Tidak melakukan kegiatan apapun, hanya duduk dipinggir pantai di bawah pohon saja rasanya sudah bisa merileksasi pikiran kalian. Namun sebaiknya jangan. Sangat sayang sekali jika sudah berkunjung di tempat seindah ini namun tidak melakukan aktivitas apapun.

Akses Dan Kisah Silam Pulau Panjang

Terumbu Karang Pulau Panjang Jepara
Terumbu Karang Pulau Panjang Jepara

Jadi untuk sampai di Pulau Panjang, kalian memang harus menempuh perjalanan menggunakan kapal yang bisa kalian sewa. Bisa berangkat dari 2 tempat.

Pertama, bisa berangkat menyeberang dari pantai kartini, memakan perjalanan sekitar 15-20 menit perjalanan. Atau kalian bisa menyebrang dari pantai bandengan dengan estimasi perjalanan sekitar 25-30 menit. Dua-duanya akan mengantar kalian ke pulau Panjang ini.

Walaupun terlihat kecil dari kejauhan, tetapi luas awal pulau ini sekitar 70 hektare. Tetapi semenjak insiden yang terjadi akibat penebangan hutan mangrove dan pencurian terumbu karang sekitar tahun 1858 lalu, pulau ini mengalami kerusakan sangat parah.

Dampak yang ditimbulkan dari insiden tersebut yaitu terkikisnya pulau Panjang oleh hantaman ombak. Dan akhirnya, hari ini luas Pulau Panjang sisa 30 hektare saja. Miris.

Namun semenjak kejadian tersebut, pulau Panjang kini sudah kembali indah lagi dengan sudah dibangunnya beberapa infrastuktur seperti jembatan, musholla, toilet dan masih banyak lagi.

Berbagai Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Jalan Jalan di Pulau Panjang Jepara
Jalan Jalan di Pulau Panjang Jepara

Setelah sampai di pulau ini, kalian bisa melakukan aktivitas apa saja di sini. Mulai dari berenang, memancing sampai diving ataupun snorkeling. Melihat keindahan biota bawah laut, pastinya sangat menyenangkan. Apalagi Pulau Panjang ini tidak memiliki ombak yang deras, jadi sangat mendukung untuk melakukan snorkeling ataupun diving.

Selain itu, kalian juga bisa menjelajahi pulau ini dengan berjalan kaki maupun bersepeda. Menikmati keindahan sekitar pulau yang masih sangat alami dan belum banyak dijamah para wisatawan.

Buat kalian yang masih betah berada di Pulau ini, bisa mendirikan tenda dipinggir pantai dan camping. Tentunya sangat seru bisa camping dipinggir pantai.

Dan terakhir, tentunya berfoto-foto. Tidak lengkap rasanya jika tidak membagi kebahagiaan dengan yang lain pada saat liburan. Kalian bisa menangkap, mengabadikan moment-moment indah selama ada ditempat ini. Yang orang sebut sebagai surga dunia tersembunyi.

Wisata Religi

Jadi, dipulau ini ada sebuah makam yang cukup ramai dikunjungi para peziarah. Makam tersebut adalah makam Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba’Alawy. Beliau merupakan salah satu ulama besar yang memperjuangkan dan menyebarkan agama islam di jepara.

Dan merupakan orang pertama yang menemukan dan juga membuka pulau Panjang ini. Tak heran, masyarakat setempat memakamkan syekh abu bakar bin yahya ba’alawy di pulau Panjang ini.

Hanya ada 8 penghuni di pulau ini, yakni 5 orang penjaga mercusuar yang bekerja secara bergiliran. Mereka tinggal di sebelah barat pulau Panjang. 2 orang penjaga makan syekh abu bakar, dan 1 wanita. Konon katanya sudah lama tinggal di pulau ini.

Banyak sekali mitos yang tersebar mengenai pulau Panjang ini, maka dari itu para pelancong dan wisatawan yang hendak berlibur kesini diharapkan bisa menjaga etika dan sopan santun tempat ini. Menjaga kebersihan serta tingkah laku.

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk

Dermaga Pulau Panjang Jepara
Dermaga Pulau Panjang Jepara

Untuk fasilitas, bisa dikatakan masih sangat kurang. Hanya ada mushola dan juga toilet untuk tempat salin saja.

Selain itu belum ada gazebo, tempat duduk, tempat sampah ataupun area penginapan yang tersebar di sekitar tempat wisata ini.

Mudah-mudahan pemerintah Jepara bisa tanggap mengenai hal ini, karena potensi Pulau ini sangat besar untuk menarik wisatawan berkunjung ke Jepara.

Buat kalian yang mau melakukan snorkeling atau diving, sudah ada yang menyewakan alat-alatnya. Kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 50.000,- per orang.

Peralatan camping juga sudah tersedia lengkap seperti tenda, sleeping bag dan perlengkapan lainnya. Kalian tinggal sewa saja. Harga satu set perlengkapan camping Rp 50.000,-

Untuk tiket masuk pantai Kartini Rp 5000,- per orang ditambah biaya sewa kapal untuk sampai ke Pulau Panjang sekitar Rp 25.000 per orang serta tiket masuk Pulau Panjang Rp 8.000 per orangnya.

Cukup murah bukan, bagi yang berwisata ke Jepara jangan lupa berkunjung ke Pulau Panjang ini ya.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0