Pulau Semak Daun 2021: Tiket Masuk dan Tempat Camping Favorit

Pulau Semak Daun
Pulau Semak Daun
0
(0)

Lokasi: Pulau Semak Daun, Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
Map: Klik Disini
HTM: Free
Buka/Tutup: –
Telepon: 

Pernahkah Anda mendengar nama Pulau semak daun. Ini merupakan satu dari banyaknya pulau yang berada di Kepulauan Seribu.

Apa sih daya tarik Pulau Semak daun daripada yang lainnya? Informasi lengkap tentang Semak Daun, sejarah dan pesonanya ada dibawah ini.

Pulau Semak Daun: Rekomendasi Wisata Menarik di Kep Seribu

Dermaga Pulau Semak Daun
Dermaga Pulau Semak Daun

Ada apa saja di Pulau Semak Daun? Menurut wikipedia Pulau Semak Daun merupakan lokasi untuk penangkaran penyu sisik.

Mempunyai luas 8 hektar dengan kawasan yang lumayan rindang dan pasir putih membentang di sepanjang garis pantai. Air lautnya juga sangat jernih warnanya kehijauan.

Dikarenakan banyaknya antusias para wisatawan yang ingin berlibur dan menghabiskan waktu santai mereka kesini untuk jalan-jalan, mancing, atau bahkan berkemah disini.

Itulah kenapa sangat banyak pemilik travel yang menyediakan perjalanan wisata kesini dengan persaingan cukup ketat dan promo-promo menarik yang mereka sediakan untuk menarik para customer.

Jika ingin backpacker sendiri juga bisa dengan catatan mengetahui beberapa tips penting sehingga budget yag dikeluarkan juga tidak begitu terkuras.

Banyak sekali backpacker yang mengunggah catatan perjalanan mereka juga selama disini di situs kaskus atau blog pribadi mereka.

Mereka sengaja melakukan backpack agar mengetahui sensasi berpetualang sesungguhnya. Coba saja Anda lihat dan baca tips mereka serta melihat videonya di Youtube.

Pulau ini memiliki daya tarik khususnya dalam perkemahan. Namun, selain camping, melihat pemandangan sunset atau sunrise, mengambil gambar, berenang, Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling ke spot-spot di dekat Pulau Semak Daun.

Camping Di Pulau Semak Daun

Camping di Pulau Semak Daun
Camping di Pulau Semak Daun

Bukanlah rahasia umum jika Pulau Semak Daun menjadi sebuah bumi perkemahan yang ada di Kep. Seribu dengan review bagus. Luas pulau sekitar 4 kali lapangan tenis ini memiliki nuansa alam yang sangat pas sebagai lokasi camping untuk jiwa petualang.

Anda akan melihat pemandangan camp orang-orang yang yang sengaja ingin menghabiskan malam disini dengan menikmati suasana pulau yang luar biasa indah terutama saat malam hari.

Letak Pulau Semak Daun hanya 30 menit perjalanan dari Pulau Pramuka. Saat akhir pekan kondisi disini akan jauh lebih ramai.

Anda tak usah khawatir dengan kebutuhan penting Anda seperti ketersediaan air bersih, toilet, listrik, sewa tenda, hingga penjaga pun telah siap siaga 24 jam untuk mengamankan dan membersihkan.

Terdapat sebuah warung kecil dan hanya satu disini yang menyediakan beragam makanan serta minuman ringan.

Bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas camping bersama rekan kerja, komunitas atau lainnya dan merasa malas mengurus segala perlengkapan terdapat banyak jasa paket wisata berkemah di Pulau Semak Daun yang dapat Anda gunakan.

Mereka menyediakan paketan camping untuk 2 hari 1 malam ataupun 3 hari 2 malam dengan fasilitas termasuk transportasi, makan 3x, minum, snorkeling, guide lokal, itinerary dan menjelajahi pulau-pulau di sekitar Kepulauan Seribu.

Ada banyak sekali tour and travel agents ke Pulau Semak Daun bahkan banyak sekali promo untuk tahun ini. Anda tak perlu sewa tenda dan kerepotan dengan akomodasi menuju ke beberapa destinasi wisata di Seribu Island DKI Jakarta.

Mereka sedang open trip ngecamp disini jadi untuk Anda yang memiliki budget sedikit dan ingin menambah pengalaman dengan teman-teman baru, open trip cocok untuk Anda.

Baca juga 5 Pulau Di Kepulauan Seribu Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan.

Daerah Mana Pulau Semak Daun, Inilah Alamatnya

Suasana Camping di Pulau Semak Daun
Suasana Camping di Pulau Semak Daun

Lokasi Pulau Semak Daun berada Pulau Panggang tepatnya Kep Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Anda hanya bisa kesana dengan menggunakan kapal, tidak ada transportasi selain itu.

Akses untuk sampai di Pulau Semak Daun cukup mudah. Pertama, Anda harus jalan ke dermaga Muara Angke dan selanjutnya naik kapal nyebrang ke Pulau Pramuka.

Jadwal keberangkatan menuju Pulau Pramuka ini biasanya jam 7 sampai 8 dan jarak tempuhnya adalah 3 jam. Lihat detail peta diatas.

Selama perjalanan sangat sayang jika tidak dimanfaatkan foto pemandangan alam yang dilalui karena sangat menakjubkan sekali.

Hamparan birunya laut dengan deburan ombak sayang jika tidak diabadikan langsung atau merekam dalam video. Setibanya di Pulau Pramuka, Anda harus menaiki perahu kecil untuk sampai di lokasi tujuan. Cara kesana hanya bisa lewat jalur laut tidak ada jalur darat.

Berapa Harga Tiket Masuknya?

Biaya retribusi sebesar Rp. 35.000. Ini sebagai ongkos masuk untuk ijin mendirikan tenda disini.

Namun untuk Anda yang hanya ingin berlibur menikmati segala keindahan pemandangan alam dan pasir putih bersih tanpa menginap maka tidak ada biaya seperpun yang harus diberikan.

Anda harus booking kapal yang hanya ada di Muara Angke. Harga tiket kapal ferry Pelabuhan Muara Angke – Semak Daun adalah Rp. 45.000 untuk oneway dan Rp. 90.000 untuk return.

Dalam perjalanan, Anda harus transit dahulu di Pulau Pramuka sebelum melanjutkan perjalanan. FYI, harga tiket kapal dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika ingin mendapatkan harga lebih murah sebaiknya ikut paket tour saja. Estimasi biayanya jauh lebih hemat dibandingkan trip sendiri.

Paket tour biasanya sudah termasuk dengan penginapan. Anda tak perlu lagi mencari info dimana hotel, homestay, resort, atau villa yang terjangkau.

Kep. Seribu memang terkenal menyimpan sejuta pesona selain tempat-tempat keren juga banyak lokasi yang terkenal dengan misteri dan mitos keangkerannya.

Cerita angker sangat santer terdengar terutama dilokasi seperti Makam Keramat dan Kuburan Belanda Pulau Onrust, Bekas Rumah Sakit Pulau Cipir, dan lain-lain. Untuk Anda yang berani, coba saja mampir ke tempat-tempat tersebut dan buktikan sendiri.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0