Pura Bukit Batu Kursi Pemuteran, Pesona Di Perbukitan

Pura Batu Kursi Pemuteran
Pura Batu Kursi Pemuteran
0
()

Alamat: Jalan Raya Pemuteran, Pemuteran, Kec. Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali 81155
Lokasi (Google Maps): Klik Disini
Harga Tiket Masuk (HTM): Rp. 5.000,
Jam Buka: Buka Setiap Hari
Nomor Telepon: –

Wisata Pura Bukit Batu Kursi Pemuteran Bali dewasa ini telah menjadi Tempat Wisata Bali Utara Terbaru yang wajib untuk dikunjungi. Mungkin telah banyak yang bosan liburan ke Bali dikarenakan sudah merasa cukup umum dengan kawasan wisata Bali Selatan. Namun pernahkah terlintas dalam benak kamu, tentang potensi lainnya yang dimiliki pulau Dewata selain itu? 

Seputar Tempat Wisata Bali

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasanya Bali merupakan pariwisata Indonesia andalan yang telah populer di dunia. Dengan beragam potensi yang dimiliki mulai dari culture budaya yang khas, bangunan yang unik hingga bentang alamnya yang mengagumkan. Segudang alasan tersebutlah yang hingga saat ini menjadikan Bali sebagai pusat kiblat wisata Indonesia.

Sebagai tambahan wawasan, Bali dibagi menjadi 4 bagian yaitu Bali Barat, Bali Timur, Bali Selatan dan Bali Utara. Untuk kawasan Bali Barat meliputi Kabupaten Jambrane dan sekitarnya, lalu Bali Timur dengan Kabupaten Karangasem dan sekitarnya, serta Bali Selatan dengan Denpasar Badung dan sekitarnya dan terakhir yaitu Bali Utara dengan Kabupaten Buleleng. Khusus pada Bali Utara memiliki luas wilayah sekitar 136.588 hektar dengan Ibukota Kabupatennya yaitu Kota Singaraja.

Perlu kamu ketahui pula Buleleng pun membagi luas wilayah dengan 8 Kecamatan yaitu Buleleng, Tejakula, Seririt, Kubutambahan, Sukasada, Busungbiu, Gerokgak. Tekstur geografis dari Bali Utara memiliki batasan langsung dengan laut sehingga jika mau Bali Utara dapat diubah menjadi wisata pantai Bali baru.

Baca Juga :   Tiket Masuk Taman Alam Lumbini [year] Dan Daya Tarik

Mungkin kalian telah akrab dengan nama Pantai Lovina dan Pulau Menjangan bukan? ya, keduanya itu merupakan wisata di Bali Utara, namun selain itu ternyata masih ada potensi wisata lainnya yang perlu kamu ketahui. Buleleng dewasa ini telah memiliki beberapa tempat wisata dengan sarana dan fasilitas pendukung yang cukup lengkap mulai dari penginapan homestay hingga hotel berbintang pun telah banyak tersedia, restoran serta cafe pun dengan mudah ditemukan. Kemudian hanya cukup dibutuhkan sedikit usaha dari berbagai pihak mulai dari para warga sekitar hingga Pemprov agar dapat menarik para wisatawan agar berkunjung ke Bali Utara.

Jika bicara tentang gunung di Bali atau daratan tinggi, maka sudah pasti jawabannya adalah Gunung Agung, Gunung Batur atau Bedugul. Namun dalam kesempatan kali ini tempat wisata mania secara khusus mengulas perihal wisata Bali Utara pada Kecamatan Gerokgak.

Desa Pemuteran memiliki bentang alam yang cukup unik yakni sepanjang sisi barat terdapat pantai dan disisi timur terhampar wilayah perbukitan yang keduanya hanya dipisahkan oleh sebuah jalan saja. Cukup unik bukan? Dimana kamu dapat menikmati kedua wisata alam pantai dan perbukitan dalam satu lokasi. Sebelumnya apa kamu tau tentang Pura Bukit Batu Kursi Bali? Jika belum, maka kamu wajib untuk menyimak konten artikel di bawah ini.

Jika ingin mencari penginapan di Bali bisa baca tentang Villa di Bali Terbaik atau Rekomendasi 13 Hotel Di Bali Yang Bagus dan Terjangkau. Oiya bagi bingung memilih penginapan bisa baca terlebih dahulu soal Tips Lengkap Memilih Hotel saat Liburan ke Bali.

Sekilas Tentang Pura Bukit Batu Kursi Bali

Tempat Pura Batu Kursi Pemuteran Bali
Tempat Pura Batu Kursi Pemuteran Bali | Foto by Pura Ys

Pada sore hari ini saya akan mengulas secara detail perihal Pura Bukit Batu Kursi Pemuteran Bali jadi tempat wisata Bali Utara terbaru. Semoga dari  segala informasi yang nantinya akan disampaikan dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya dimana pun anda berada.

Baca Juga :   Pantai Sadranan Gunung kidul [year] : Harga Tiket, Snorkling & Lokasi

Banyak para penggemar backpacker beranggapan bahwasanya berliburan di Bali membutuhkan biaya yang tidak sedikit, akan tetapi asumsi tersebut keliru adanya. Pasalnya sama dengan Wisata Jogja untuk Backpacker, untuk wisata di Bali pun untuk soal besar/kecilnya biaya tergantung pada diri sendiri ingin berlibur kemana dan bagaimana, itulah kunci utama dalam liburan. Sebagai contoh, Bali pun menawarkan beberapa pilihan objek wisata di Bali untuk backpacker, salah satunya ialah Pura Bukit Batu Kursi. 

Bagi kamu yang belum tau tentang Pura Bukit Batu Kursi merupakan sebuah bukit yang terdapat sebuah pura kecil pada bagian puncaknya. Lalu mengapa dinamakan Bukit Batu Kursi? menurut informasi yang saya dapat, dinamakan demikian karena di dalam pura kecil di puncak bukit ini terdapat sebuah batu berbentuk kursi/bangku berdiameter sekitar 20 meter/segi. Cukup unik bukan? 

Lokasi Pura Bukit Batu Kursi Pemuteran

Lokasi Pura Bukit Batu Kursi Pemuteran
Lokasi Pura Bukit Batu Kursi Pemuteran | Foto by Christian Wischnewski

Lokasi Bukit Batu Kursi Pemuteran terletak di Desa Pemuteran, Gerokgak, Buleleng atau tepatnya sebelah selatan Pura Pemuteran. Jika kamu ingin berkunjung, kamu dapat mengikuti jalan menuju Bukit Batu Kursi dengan beberapa rute sebagai berikut,

  • Arah Pelabuhan Gilimanuk

Arahkan kendaraan kamu dengan mengikuti Jl. Raya Denpasar-Gilimanuk, kemudian belok kiri menuju Jl. Singaraja-Gilimanuk dan ikuti saja jalan tersebut lewati Desa Pejarakan terus hingga kamu menemukan marka pentujuk jalan menuju Pura Pemuteran dengan total jarak sekitar 35 Km. Kemudian belok pada jalan masuk menuju pura tersebut hingga kamu menemukan lokasinya. Kamu dapar memarkir kendaraan di Pura Pamuteran dan lokasi Bukit Batu Kursi terletak disamping kiri pura. 

  • Arah Seririt/Singaraja

Arahkan kendaraan kamu untuk menuju Jl. Singaraja-Gilimanuk dan ikuti saja jalan tersebut hingga kamu melewati Celukan Bawang-Sanggalangit-Gondol dan beberapa pura seperti Pura Pulaki, Pura Melanting dan jika sudah menemukan Pura Pemuteran maka kamu cukup masuk ikuti jalannya saja. Sama seperti opsi rute diatas, kamu pun dapat memarkirkan kendaraan di Pura Pemuteran. 

Baca Juga :   Air Terjun Tegenungan Bali [year]: Tiket Masuk + Lokasi

Baca juga tentang Pantai Surga Lombok Timur NTB, HTM, Rute, Jam Buka dan Keindahan.

Tiket Masuk Pura Bukit Batu Kursi

Setelah memarkirkan kendaraan, tepat didepan sebelah kiri pura terdapat sebuah pos masuk Bukit Batu Kursi. Dimana kamu akan dikenakan biaya tiket masuk Bukit Batu Kursi terbaru sebesar Rp. 5000/orang (untuk wisatawan lokal) dan Rp. 10.000/orang (untuk turis mancanegara). Cukup terjangkau bukan untuk dapat menikmati wisata alam Bali?

Pesona Bukit Batu Kursi

Jalan Menuju Pura Bukit Batu Kursi Pemuteran
Jalan Menuju Pura Bukit Batu Kursi Pemuteran | Foto by Reni Karima

Kemudian untuk menuju puncak, kamu diharuskan berjalan kaki menanjak dengan jarak sekitar 700 meter menggunakan ratusan anak tangga yang telah disediakan, cukup menguras energi memang. Namun rasa lelah yang menghampiri sejenak akan terhapus oleh perbukitan dengan hamparan rumputnya sejauh mata memandang dan terlihat pula disisi timur kawasan latihan TNI.

Ya, tak mengherankan memang dikarenakan memang pada kawasan ini merupakan area latihan bagi para tentara meliputi Pura Pulaki dan Pura Melanting. Sebelum lanjut baca juga tentang Gereja Ayam Magelang.

Tak lama menapaki tangga-tangga tersebut, maka tibalah di puncak Bukit Batu Kursi dengan pura kecilnya yang terlihat kokoh berdiri. Terdapat seekor anjing yang bertugas untuk menjaga pura ini, dikarenakan kebetulan saya berkunjung dengan menggunakan celana pendek maka sungguh disayangkan saya tak bisa masuk kedalam.

Selain itu terdapat disisi lainnya dari bukit ini sebuah spot pandang yang diberi pagar untuk pengaman dan diletakkannya sebuah tiang bendera Merah Putih. Melihat panorama landscape alam sekitar terasa begitu menyejukkan mata ini. Terkagum atas karya tuhan dan tak mengira terdapat pemandangan indah dari sebuah desa yang tak terkenal di Bali.

Tepat didepan kamu dapat melihat laut biru dengan degradasi warna indahnya, kemudian tepat di kanan, kiri dan belakang kamu pun sudah terhampar luas rumput layaknya sebuah savana sepanjang kawasan perbukitan. Sungguh indah bukan? Jika kamu ingin bermalam, kamu dapat menggunakan beragam fasilitas dari homestay atau hotel yang banyak tersedia sepanjang Desa Pamuteran, Bali.

Baca Juga :   Air Terjun Sikulikap Kab. Karo [month] [year] - Pesona, Rute dan Tiket Masuk

Mengunjungi tempat wisata Bali terbaru ini memang sungguh pengalaman berbeda dengan liburan ke Bali pada umumnya, tentu ini takkan pernah dilupakan.

*Tips

  • Gunakanlah aplikasi maps pada Hp Smartphone sebagai acuan dalam perjalanan menuju Bukit Batu Kursi. Untuk marka petunjuk jalan sudah banyak tersedia, namun bila bingung kamu dapat bertanya pada warga.
  • Bawalah makanan kecil dan air mineral sebelum naik ke puncak Bukit Batu Kursi.
  • Bawalah penutup kepala/topi serta kacamata hitam mengingat jika kamu datang disiang hari maka cuaca aja akan panas karena terik sinar matahari.
  • Dikarenakan kawasan ini adalah kawasan beribadah maka gunakanlah pakaian yang sopan dan jangan membuang sampah sembarangan.

Pengalaman menghabiskan waktu bersama alam di Bukit Batu Kursi, menjadi pengingat diri ini yang seharusnya jangan pernah menyerah dan terus berjuang. Seperti layaknya rumput, yang sering kali dipandang sebelah mata dan tak dianggap, namun nyatanya rumput tetap memberikan manfaat bagi hewan ternak.

Dari fakta tersebut, maka dapat dipetik sebuah hikmah bahwasanya Tuhan memberikan suatu manfaat dan tujuan bagi setiap mahklukNya. Kemudian jika hingga saat ini kita masih belum merasa berguna bagi orang-orang terdekat, tak perlu kecil hati dan jangan pernah sesekali menyesali hidup. Percayalah, bahwa suatu kelak nanti akan ada hari baik yang akan membawa kita pada kebahagiaan, lalu sedangkan hari buruk itu pun akan membawa kita pada pengalaman.

Kamu dapat membaca juga tentang Pasar Sukawati Bali.

Penutup

Demikianlah ulasan kali ini perihal Pura Bukit Batu Kursi Pemuteran Bali jadi tempat wisata Bali Utara terbaru. Terima kasih telah berkunjung ke TempatWisata.id dan semoga segala informasinya dapat menambah wawasan kamu atau para pembaca budiman lainnya tentang beberapa Objek Tempat Wisata Di Indonesia.

Baca Juga :   Pura Lempuyang [year]: Jam Buka, Tiket Masuk & Instagramable

Berapa penilaian untuk tempat ini?

/ 5.