Menyelami Pesona Taman Laut Bunaken yang Tersohor

Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken
0
(0)

Lokasi: Liang Beach Bunaken, Wori, Sulawesi Utara
MAP: Klik Disini
Tarif: Rp. 25.000 – 150.000 / orang
Jam Operasional: 24 Jam
Nomor Telepon:

Taman Laut Bunaken bukanlah destinasi wisata baru. Keberadaannya sudah terkenal puluhan tahun lalu. Dinobatkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia di 2005. Belum lagi kisah Pangeran Charles dan Mendiang Putri Diana yang berbulan madu di sana. Tak ayal, nama pulau ini tersohor se-antero jagad.

Banyak foto dan video seputar wisata ini yang tampak menakjubkan di Internet. Kalian yang hobi jalan-jalan pasti tergiur untuk menyaksikan langsung.

Apalagi bagi Anda yang suka wisata pantai dan hobi menyelam. Nah sambil merencanakan liburan ke surga bawah laut itu, coba simak informasi menarik seputar wisata Taman Laut Bunaken di bawah ini.

Mengenal Lebih Jauh Surga Dunia Bawah Laut di Bunaken

Kejernihan Air di Taman Laut Bunaken via Gmap
Kejernihan Air di Taman Laut Bunaken via Gmap

Taman Laut Bunaken terdiri dari 5 pulau dan anak pulau. Yakni Pulau Bunaken, Pulau Naen, Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage dan Pulau Siladen. Lokasinya ada di perairan Sulawesi, tepatnya di utara Teluk Manado, Sulawesi Utara. Destinasi wisata yang dikelola dengan baik ini memiliki luas 75.265 ha.

Sejumlah orang menyebut wilayah bunaken sebagai ‘segi tiga emas’. Dimana letaknya menghubungkan laut Papua, Indonesia dan Filipina. Sementara dari sejarahnya, Taman Laut Cantik ini ditemukan tahun 1975 oleh sejumlah penyelam.

Dari sanalah Bunaken perlahan-lahan dikenal luas. Lalu apa sih yang membuat Taman Laut Bunaken begitu populer? Tiap tahun jumlah wisatawan terus meningkat. Traveller juga banyak yang mewajibkan mengunjungi tempat ini.

Baca juga Pantai Sorake Nias, Tempat Favorit Peselancar di Sumut

  • Dinilai sebagai salah satu lokasi penyelaman terbaik di dunia. Ada ribuan spesies, termasuk ikan dan terumbu karang. Mulai dari spesies yang unik hingga langka ada di tempat ini. Anda bisa menjumpai unicorn, hiu kepala palu, kura-kura, dugong dan masih banyak lagi.
  • Taman Laut Bunaken diklaim sebagai salah satu biodiversitas kelautan tertinggi di dunia. Wilayah pantainya hutan bakau dan pasir putih. Terdapat terumbu karang yang keras dan lembut. Dinding karang terjal beragam bentuk. Serta warna-warni biota laut yang mengagumkan. Orang kerap menyebut underwater great walls atau hanging walls. Karakter uniknya memiliki kedalaman laut hingga 1000 m.
  • Jadi taman laut pertama di dunia yang didirikan tahun 1991. Pesonanya makin tersohor setelah mendapatkan penobatan dari UNESCO dan dikunjungi keluarga kerajaan Inggris.
  • Memiliki sekitar 40 titik penyelaman dengan kedalaman bervariasi. Pemandangan tiap spot juga berbeda, termasuk spesies lautnya. Beberapa spot antara lain fukui, mandolin, panglisang, lekuan 1,2,3 dan sebagainya.

3 Aktivitas Favorit Wisatawan di Taman Laut Bunaken

Menyelam di Taman Laut Bunaken
Menyelam di Taman Laut Bunaken

Lokasi wisata yang begitu luas tentu menawarkan banyak aktivitas pada turis. Anda bisa bersantai di tepi pantai sambil menikmati panorama alam indah. Menjelajah daratan pulau Bunaken dan aktivitas seru lainnya. Namun mayoritas wisatawan yang datang akan melakukan 3 aktivitas. Yakni diving, snorkeling dan fotografi.

Tak perlu khawatir soal fasilitas. Pengelola Taman Laut Bunaken sudah berpengalaman dan profesional. Anda bisa menyewa perlengkapan diving dan snorkeling. Jika ingin mengambil foto juga bisa menyewa jasa fotografer. Bila belum kenal medan dan belum terbiasa penyelam, banyak pemandu yang siap membantu. Semuanya tentu dikenakan biaya tambahan sekitar Rp150 ribu lebih.

Taman Laut Bunaken Dengan Air yang jernih
Taman Laut Bunaken Dengan Air yang jernih

Bagi Anda yang sudah pro tentu 3 kegiatan tersebut telah dipersiapkan dengan matang. Setelah puas menyelami pesona bawah laut, turis pun bisa melanjutkan liburan mengarungi lautan. Misalnya menaiki Katamaran.

Kapal berkaca yang bisa menikmati keindahan bawah laut. Atau kapal selam Blue Benter yang beroperasi ketika air laut pasang.

Baca juga Pantai Klayar Pacitan 2022 : HTM, Lokasi & Seruling Samudera

Akomodasi dan Fasilitas Memadai

Indahnya Taman Laut Bunaken
Indahnya Taman Laut Bunaken

Penginapan di sekitar lokasi wisata cukup banyak dan variatif. Anda bisa memilih dari harga backpacker hingga hotel berbintang. Anda juga bisa menyewa cottege (rumah tinggal) yang banyak didirikan di sepanjang pantai. Harga sewa penginapan lazimnya dihitung per orang mulai dari Rp150 ribu hingga jutaan rupiah.

Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk datang sendiri atau lewat agen travel. Sudah banyak paket tour murah ke Bunaken yang bisa Anda coba. Umumnya mereka akan memudahkan liburan Anda dan mengurus keperluan penginapan, transportasi, tiket dan perlengkapan penyelaman. Pilihlah cara berlibur yang seusia budget dan kebutuhan Anda.

Untuk harga tiket masuk berkisar Rp25 ribu – Rp50 ribu per orang (harian). Atau membeli tiket untuk 1 tahun sekitar Rp150 ribu. (Harga sewaktu-waktu bisa berubah)

Transportasi

Kapal Nelayan Taman Laut Bunaken
Kapal Nelayan Taman Laut Bunaken

Untuk sampai ke Taman Laut Bunaken Anda bisa menggunakan trasnportasi darat, laut maupun udara. Semua armada yang digunakn umumnya akan transit dulu ke Manado.

Dari pelabuhan kota itu turis akan dibawa ke Bunaken dengan menggunakan kapal pesiar atau kapal tradisional. Harga sewa kapal mulai dari Rp100 ribu ke atas. Waktu tempuh dari Manado sekitar 20 menit.

Baca juga Pantai 3 Warna Malang 2022 Tiket Masuk, Rute & Keindahannya

Peta Lokasi Taman Laut Bunaken

Tips Berwisata ke Taman Laut Bunaken

Senja di Taman Laut Bunaken
Senja di Taman Laut Bunaken
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ialah di bulan Mei- Agustus. Alasannya kondisi air laut sangat jernih, suhunya hangat dan baik untuk diving. Bila ingin menyaksikan festival tahunan, Anda bisa berkunjung di bulan Oktober.
  • Rencanakan liburan jauh-jauh hari. Pertengahan tahun memang jadi waktu favorit wisatawan ke Bunaken. Itulah mengapa penginapan, operator, agen travel dan sebagainya banyak yang penuh. Agar tak kehabisan, sebaiknya persiapkan dengan matang.
  • Buat list daftar spot yang ingin dikunjungi. Taman menakjubkan ini sangatlah luas. Jadi sangat baik jika Anda mengumpulkan informasi lokasi mana yang ingin dikunjungi. Atau aktivitas wisata apa saja yang ingin dilakukan.
  • Bawalah uang tunai. Sudah dipastikan Anda akan mengeluarkan biaya tambahan saat liburan. Untuk memudahkan sebaiknya siapkan uang tunai. Sistem transaksi di sana masih belum banyak menerima model kartu kredit atau debet.

Terakhir, jadilah wisatawan yang beretika dan bertanggung jawab. Jaga kebersihan lingkungan dan sayangi alam ini. Tindakan baik Anda akan turut melindungi pesona keindahan Taman Laut Bunaken.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0