23 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib DiKunjungi Waktu Liburan ke Jogja

Pantai Siung
Pantai Siung
0
(0)

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi bagi kamu yang ingin liburan ke Jogja, sudah tentu kamu sependapat dengan saya bukan jikalau terdapat beragam lokasi wisata di Yogyakarta. Mungkin bila ingin mengunjungi semua tempat pastinya tak cukup hanya dengan waktu satu minggu. Namun segala rutinitas sehari-hari pastinya akan membatasi kamu untuk dapat berlibur dengan waktu yang panjang.

Bagi kamu yang memiliki profesi sebagai seorang karyawan di sebuah perusahaan atau di berbagai institusi tentu akan sedikit sulit untuk mendapatkan waktu libur panjang. Dalam kenyataannya bahkan untuk sekedar hanya mendapat waktu cuti terbilang agak rumit dan harus melewati beberapa prosedur perusahaan. Hal tersebutlah yang kerap kali menjadi kendala bagi kamu untuk liburan.

Namun tak perlu risau dengan persoalan tersebut, sebenarnya ada kiat-kiat trik yang dapat dilakukan untuk menyiasati waktu yang pendek untuk dapat berwisata, Sebagai contohnya bila kamu ingin berliburan ke Jogja, kamu dapat memilih beberapa lokasi objek wisata Jogja yang memiliki satu garis jalur perjalanan.

Jadi tak ada masalah dengan waktu yang pendek dengan kamu mengikuti atau menjalani trik tersebut, tidak menutup kemungkinan dalam  hanya kurun waktu satu hari saja kamu sudah bisa mengunjungi beberapa lokasi menarik. Cukup simple namun mudah-mudah bermanfaat bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya.

Kemudian sebagai referensi tambahan bagi kamu untuk menentukan pilihan tempat wisata. Dari banyaknya lokasi pariwisata Jogja, tentulah pasti ada yang menjadi juaranya baik dari segi keindahan, ekonomis, akses yang mudah hingga faktor-faktor lain yang menjadikan tempat tersebut kian begitu populer.

Sebagai contohnya, bagi kamu yang secara sengaja ingin datang berkunjung ke pantai, kamu dapat mengunjungi beberapa rekomendasi wisata pantai Jogja terpopuler yang sudah saya rangkum dalam beberapa kesempatan yang lalu. Nah bagi kamu lainnya yang ingin mengetahui beberapa tempat wisata di Jogja yang wajib kamu kunjungi berupa bukit, goa hingga pantai baru. Kamu dapat simak ulasannya dalam artikel di bawah ini.

Pada sore hari ini saya akan memaparkan secara terperinci perihal 15 tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi waktu liburan ke Jogja. Semoga dari setiap informasi yang nantinya akan disampaikan dapat bermanfaat dan membantu bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

Memiliki keinginan agar dapat merefresh pikiran sekaligus menyalurkan hobi akan sebuah petualangan di alam bebas, tentu menjadi keinginan bagi siapapun, tak terkecuali dengan kamu bukan? Mengingat beragam manfaat yang didapat dari setiap perjalanan yang dilakukan mulai pelajaran tentang religi, arti persahabatan, kemandirian, menambah wawasan serta pengalaman. Cukup besar peranan positif dalam pembentukan karakter seseorang. Kembali pada pokok pembahasan kali ini perihal tentang  beberapa wisata Jogja yang dapat kamu pilih nantinya sewaktu berkunjung ke kota ini, berikut uraiannya

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba dari embung nglanggeran yogyakarta
Gunung Api Purba dari embung nglanggeran yogyakarta

Wisata Gunung Api Purba Jogja atau sering pula disebut dengan “Gunung Nglanggeran” memang sebenarnya bukan sesuatu yang baru, namun dikarenakan populer pada belakangan ini melalui media sosial, sehingga banyak yang menganggapnya sebagai tempat wisata di Jogja yang baru.

Keindahan tempat ini sungguh menakjubkan sehingga dapat menarik banyak minat wisatawan untuk dapat berkunjung secara langsung. Banyak dari mereka yang mengaku penasaran akan suasana di tempat ini. Bentang alam berupa perpaduan pegunungan berbatu dan juga hutan sekitar begitu sedap untuk dipandang.

Namun, taukah kamu tempat ini pun tercatat sebagai situs budaya dan ditetapkan sebagai kawasan ekowisata. Mengapa demikian? pasalnya Gunung Nglanggeran berasal dari sebuah Gunung Api yang berasal dari lautan dan melalui perubahan geologi dari permukaan bumi menyebabkan gunung ini terangkat ke permukaan dan akhirnya menjadi sebuah daratan.

Menariknya gunung api dikatakan purba dikarenakan telah ada sejak 60-70 juta tahun yang lalu, namun pada saat ini gunung tersebut sudah tak aktif lagi. Selain bisa menambah wawasan, berkunjung ke Gunung Api Purba Jogja pun akan terasa menyenangkan pasalnya di lokasi ini pun terdapat sebuah taman buah yang memiliki danau/waduk buatan di atas ketinggian sekitar 500 mdpl sebagai sumber pengairan bagi taman tersebut.

Kemudian kamu pun dapat berkunjung ke Kampung Pitu, lantas apa itu Kampung Pitu? dan bagaimana suasananya? merupakan sebuah perkampungan biasa seperti pada umumnya, namun uniknya di perkampungan ini hanya boleh ditempati oleh 7 kepala keluarga dan 7 rumah saja. Cukup unik bukan? Jika kamu penasaran, maka ada baiknya kamu baca selengkapnya tentang Gunung Api Purba Jogja. 

Alamat : Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000
Jam Buka : Setiap Hari (08:00 – 18:00)

2. Tebing Breksi

Suasana Tebing Breksi
Suasana Tebing Breksi. Foto: @indrasutantoo

Merupakan sebuah tempat wisata di Jogja yang baru dan di nilai memiliki potensi wisata yang cukup potensial. Berawal dari banyaknya pengguna media sosial yang mengupload beberapa foto indah akan tempat ini, sehingga memancing rasa penasaran terhadap banyak orang tentang Tebing Breksi Jogja.

Tau kah kamu, awalnya tempat ini adalah sebuah lokasi pertambangan batu breksi yang telah dilakukan oleh para penduduk sekitar guna dapat memberikan nafkah bagi keluarga mereka. Namun pada 2015 pihak Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan keputusan untuk melarang segala bentuk aktivitas pertambangan pada kawasan ini.

Akan tetapi setelah menutup pertambangan ini, banyak orang justru sengaja datang karena tertarik dengan tebing-tebing tinggi yang memiliki bentuk pola yang beragam serta perpaduan degradasi warna pada dinding tebing-tebing tersebut begitu indah tatkala dapat diabadikan dalam bentuk sebuah karya foto.

Oleh karena itulah orang-orang yang berkunjung secara sengaja menjadi wilayah ini sebagai lokasi untuk spot hunting foto baik sekedar  menyalurkan hobi, untuk kenang-kenangan saja hingga foto prawedding pun dilakukan di tempat ini.

Melihat kian hari kian banyak orang yang datang, maka para warga sekitar pun berinisiatif untuk menjadikan lokasi ini sebagai objek tempat wisata dan pada tahun yang sama tempat ini pun diresmikan oleh Gubernur DIY yaitu Sri Sultan HB ke-X. Keindahan bentang alam yang tercipta tanpa sengaja ini memang begitu memukau, hingga dewasa ini pun tempat ini kian ramai dikunjungi setiap waktu libur tiba. Ingin membaca ulasannya secara lengkap? kamu dapat membacanya di Tebing Breksi Jogja.

Alamat : Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000
Jam Buka : Setiap Hari (06:00 – 22:00)

3. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk

Sebagai tempat wisata Jogja yang sedang naik daun, memang banyak orang berpendapat bahwasanya Air Terjun Sri Gethuk benar-benar mempesona. Terletak di kabupaten Gunungkidul yang notabene merupakan sebuah kawasan yang selalu mengalami krisis akan air, namun karunia Tuhan memang sungguh adil sehingga memberikan bentang alam yang mempesona pada wilayah ini.

Sebagai salah satu contohnya ialah dengan adanya sebuah aliran sungai bernama “Sungai Oya” yang mengalir sepanjang musim tanpa mengenal kata kering begitu berarti bagi masyarakat Gunungkidul. Selain itu keindahan sungai ini pun memiliki sebuah air terjun yang membelah tebing batu kars dengan keanggunannya, oleh masyarakat sekitar ai terjun tersebut dinamakan “Air Terjun Sri Gethuk”.

Keunikan lainnya jika dibandingkan pada air terjun umumnya ialah untuk dapat berkunjung ke air terjun ini kamu diharuskan menaiki sebuah perahu gethek tradisional yang terbuat dari bambu dan gentong bekas, kemudian diberikan mesin penggerak yang dihasilkan oleh mesin pemotong rumput.

Sungguh kreatif bukan? Menyusuri aliran sungai yang membelah belantara hutan tropis, membuat perasaan hati begitu tenang dapat lebih menyatu dengan alam. Kemudian suasana pada lokasi Air Terjun Sri Gethuk pun tak kalah menakjubkan, terdiri dari beberapa kolam alami yang terbentuk dari undakkan batu-batu kapur terlihat begitu indah.

Kamu pun dapat bermain sepuasnya di kawasan ini, ingin pengalaman seru lainnya? kamu juga dapat mencoba body rafting menyusuri aliran Sungai Oya. Ingin berkunjung ke tempat ini? ada baiknya kamu simak terlebih dahulu ulasan selengkapnya tentang Air Terjun Sri Gethuk.

Alamat : Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000
Jam Buka : Setiap Hari (08:00 – 18:00)

4. Bukit Kosakora

Bukit Kosakora yogyakarta
Bukit Kosakora yogyakarta. Foto: @yukmuterjogja

Tempat wisata di Jogja selanjutnya adalah Bukit Kosakora. Bagi kamu yang belum tau akan Bukit Kosakora sebenarnya merupakan sebuah bukit berketinggian hanya sekitar 50 mdpl yang terletak segaris dengan pantai di Gunungkidul atau tepatnya berdekatan dengan Pantai Drini.

Selain memang belum banyak diketahui oleh khalayak luas, tempat ini pun sangat cocok bagi kamu yang gemar akan kegiatan outdoor serta kegiatan fotografi. Sebagai lokasi yang cukup fotogenik maka kamu dapat berfoto atau berselfie ria di lokasi ini.

Dengan memiliki pemandangan alam lepas pantai tentu akan dapat menghasilkan sebuah karya foto yang indah, ditambah lagi jikaa kamu berdiri diatas Puncak Kosakora, maka kamu akan dapat melihat secara jelas jajaran pantai-pantai sekitar seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Watu Kodok.

Sehingga lokasi ini dapat menjadi pilihan alternatif bagi kamu yang ingin menikmati pantai-pantai tersebut dari sudut ketinggian. Kamu pun dapat membaca secara lengkap tentang Bukit Kosakora.

Alamat : Area Hutan, Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Gratis
Jam Buka : Setiap Hari (24 Jam)

5. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut
Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut memiliki sebuah kolam air terjun bertingkat yang terbuat secara alami dan dikelilingi oleh hutan yang masih sangat alami. Memiliki desain lokasi wisata alam yang dapat membawa para pengunjung untuk lebih dekat dengan alam. Kolam Kedung Pedut dikenal pula dengan nama lain “Curug Dua Warna” dikarenakan memang kolam ini memiliki perbaduan antara degradasi warna putih jernih dan juga hijau/agak kebiru-biruan.

Ya, potensi itulah yang menjadikan tempat wisata di Jogja yang berbasis alam ini kian begitu terkenal di kalangan para remaja. Cobalah berenang di dalam kolam-kolamnya sensasi sejuk segar air berbalut suasana alam pastinya akan terasa begitu menenangkan hati. Kesegaran tubuh akan seketika kembali setelah perjalanan menuju lokasi air terjun ini. Lokasi Kedung Pedut terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Gunungkidul atau tepatnya dari Jogja berjarak sekitar 34.7 Km dengan lama perjalanan sekitar 60-80 menit.

Alamat : Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000
Jam Buka : Setiap Hari (08:00 – 16:00)

6. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir
Gumuk Pasir

Wisata Gumuk Pasir, pasti kamu sudah cukup akrab mendengar namanya bukan? sebagai destinasi wisata Jogja yang sudah terkenal akan keindahannya sudah sejak lama, memang tempat ini masih dianggap tetap mempunyai daya tarik tersendiri. Ya, menurut saya hal tersebut bisa saja berasal dari hamparan pasir yang berada di kawasan ini.

Taukah kamu bahwa tempat ini tercipta melalui sebuah rangkaian proses panjang dan alami secara terus menerus. Pada awalnya sebuah material abu vulkanik yang berasal dari Gunung Merapi terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo dan sungai-sungai lainnya hingga bermuara ke Pantai Parangtritis.

Kemudian dalam proses perjalanan yang panjang di lautan, material tersebut berubah menjadi lebih kecil berbentuk debu-debu halus yang pada akhirnya tiba di tepi pantai. Lalu dikarenakan angin kuat yang berasal dari Samudera Hindia, maka debu-debu pasir tersebut terbawa hingga pada akhirnya berkumpul menjadi satu titik lokasi yang dikenal oleh masyarakat dengan nama “Gumuk Pasir”.

Lokasi Gumuk Pasir terletak di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Bantul atau tepatnya dari Jogja berjarak sekitar 28.4 Km dengan lama perjalanan sekitar 60 menit. Bagi kamu yang gemar akan kegiatan fotografi, maka saya rekomendasikan tempat ini sebagai lokasi untuk menyalurkan hobi tersebut.

Memiliki hamparan pasir halus sejauh mata memandang, tentu akan menjadi latar belakang yang mengagumkan, seperti berada di sebuah padang pasir? ya, mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan suasana ditempat ini. Bagi para pasangan muda yang akan melangsungkan pernikahan, Gumuk Pasir kerap kali dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto prawedding.

Dimana kamu dapat berfoto di sebuah ayunan kayu yang telah disediakan untuk lebih menciptakan suasana romantis. Selain berfoto ria, kamu pun dapat mencoba sebuah olahraga yang cukup menantang, dimana kamu dapat merasakan sensasi permainan “Sand Boarding” yaitu permainan meluncur di sebuah papan melewati gundukan-gundukan pasir. Pastinya akan seru sekali.

Alamat : Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Gratis
Jam Buka : Setiap Hari (07:00 – 18:00)

7. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Goa Jomblang. Foto: @chantcute

Wisata Goa Jomblang merupakan sebuah goa vertical yang menuntut para wisatawan agar turun menuruni goa dengan menggunakan tali dengan teknik Rapling. Khusus bagi kamu yang gemar akan kegiatan alam yang memacu adrenalin, maka saya rekomendasikan kamu untuk datang dan mencoba sensasinya.

Lalu bagaimana bila tak mempunyai peralatan yang memadai? tak perlu khawatir, bagi kmau yang ingin mencobanya kamu akan didampingi oleh seorang pemandu yang dapat membantu kelancaran kegiatan tersebut. Adrenalin akan langsung tercipta bercampur dengan rasa takut sekaligus penasaran ketika kamu mulai menuruni mulut Goa Jomblang.

Ya, saya rasa itu adalah hal umum yang terjadi pada siapapun yang baru kali pertama mencobanya, namun semua itu akan terbayar lunas dengan bonus suasana di dalam perut goa. Takjub akan bentuk keindahan dinding goa akan bertambah syahdu kala ada sinar matahari yang menerobos masuk menembus dari atas mulut goa. Tentulah akan menjadi pengalaman yang unik sekaligus eksotis, tak kan terlupakan.

Lokasi Goa Jomblang terletak tak jauh dari Goa Kalisuci yang hanya berjarak sekitar 5.1 Km dengan waktu tempuh sekitar 11 menit saja. Sebagai tambahan wawasan bagi kita, Goa Jomblang pada 2011 pernah menjadi lokasi arena syuting pada sebuah acara ketangkasan yaitu Amazing Race America, cukup membanggakan bukan?

Alamat : Jetis, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 500.000
Jam Buka : Setiap Hari (09:00 – 14:00)

8. Goa Kalisuci

Goa Kalisuci
Goa Kalisuci. Foto: @excellenttourtravel

Jika sebelumnya saya telah menyinggung tentang Goa Jomblang, maka kali ini bergeser ketetangga sempingnya yaitu Goa Kalisuci. Merupakan sebuah paket wisata Jogja yang lengkap, terutama bagi kamu yang gemar akan kegiatan outdoor. Dimana di tempat ini kamu dapat merasakan langsung perpaduan antara menyusuri goa (caving), arung jeram (rafting) dan juga berjalan kaki (trekking).

Lokasi Goa kalisuci terletak di Jetis, Semanu, Gunungkidul atau tepatnya sekitar 47.4 Km dari pusat Jogja dan lama perjalanan sekitar 90 menit dengan menggunakan rute Jalan Raya Sawahan.

Sensasi sudah dimulai begitu saat kamu mulai menginjakkan jemari menuju sungai bawah tanah, dengaan air yang jernih dan suara-suara alam akan menjadi teman akrab yang begitu menyejukkan hati. Mengikuti aliran sungai tersebut dengan menggunakan sebuah ban terasa begitu mengasyikkan, terlebih bilamana kamu datang dengan jumlah rombongan pastinya akan menambah keseruan serta keceriaan.

Perihal biaya, kamu tak perlu khawatir dimana hanya cukup dengan biaya sekitar Rp. 70.000/pax (min 5 orang) kamu sudah dapat merasakan sensasi cave tubing Goa Kalisuci. Cukup terjangkau bukan? tak salah memang jikalau memasukkan namanya dalam daftar wisata Jogja termurah.

Alamat : Jetis wetan, RT.001/RW.001, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. –
Jam Buka : Setiap Hari (08:00 – 16:00)

9. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Yogyakarta
Pantai Nglambor Yogyakarta

Jika dalam bayangan kamu pantai di Jogja identik dengan arus ombak yang kuat serta besar, ya berarti kamu belum tau tentang adanya Pantai Nglambor. Memang secara notabene wilayah pesisir selatan memang memiliki arus kuat yang berasal langsung dari Samudera Hindia, akan tetapi lain ceritanya dengan pantai unik ini.

Mengapa begitu? pasalnya letak pantai ini terhalang oleh dua buah pulau karang, sehingga kuatnya arus tak berpengaruh pada Pantai Nglambor sehingga cukup aman. Uniknya lagi jika diperhatikan secara seksama kedua pulau karang tersebut memiliki bentuk seperti dua ekor kura-kura. Sungguh unik bukan?

Dikarenakan hal tersebutlah maka Pantai Nglambor Jogja menjadi salah satu lokasi teraman untuk snorkeling. Dimana selain memiliki arus tenang, alam bawah lautnya pun begitu terjaga dengan baik dan juga pantai ini memiliki jenis parairan dangkal dimana kedalaman maksimalnya hanya sekitar meter saja.

Maka tak heran jika tempat ini dijadikan lokasi snorkeling di Jogja. Lokasi Pantai Nglambor terletak di Desa Purwoodadi, Tepus, Gunungkidul. Jika kamu ingin berkunjung, lebih baik kamu simak terlebih dahulu ulasan selengkapnya tentang Pantai Nglambor.

Alamat : Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000
Jam Buka : Setiap Hari

10. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat
Pantai Kesirat

Terbayang akan halusnya pasir pantai yang putih? maka itu tak akan terdapat di Pantai Kesirat, pasalnya pantai ini merupakan sebuah lokasi tebing berkarang yang langsung berhadapan dengan laut. Namun jangan salah, kendati demikian justru para wisatawan sengaja datang bukan untuk hal tersebut, di mana umumnya mereka datang bertujuan untuk dapat menikmati moment matahari terbenam (sunset) dan terbit (sunrise) dalam satu lokasi.

Sehingga bagi kamu yang ingin berburu moment tersebut maka datanglah ke tempat ini yang dijadikan sebagai lokasi terbaik untuk menikmati kedua moment tersebut.

Selain itu keunikan lainnya ialah terdapatnya sebuah pohon yang tumbuh pada salah satu sudut tebing ini, oleh banyak wisatawan pohon tersebut dijuluki sebagai “Pohon Jomblo”. Dikarenakan lokasinya yang masih terbilang sepi akan pengunjung, sehingga pantai ini menjadi salah satu lokasi camping terbaik di Jogja.

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi camping di Pantai Kesirat, sebaiknya kamu persiapkan segala keperluan baik logistik maupun peralatan, karena di pantai ini memang belum terdapat fasilitas apapun. Bagi kamu yang mempunyai hobi memancing, sebaiknya jangan pula lupa membawa peralatan memancing.

Memiliki garis pantai berupa tebing berkarang rupanya menjadi keuntungan bagi para pemancing, karena banyak kawanan ikan-ikan besar yang berada digaris pantai ini. Sehingga tak jarang terdapat pula beberapa warga sekitar yang sengaja datang hanya sekedar untuk memancing saja.

Bahkan menurut penuturan warga sekitar, pada musim migrasi tiba banyak kawanan ikan yang muncul seperti contohnya Hiu Tutul, Lumba Lumba hingga Paus sering mampir ke perairan pantai ini. Bagi kamu yang ingin berkunjung, kamu dapat mengikuti rute menuju lokasi Pantai Kesirat yang terletak di Desa Girikarto, Panggang, Gunungkidul.

Alamat : Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000
Jam Buka : Setiap Hari

11. Pantai Greweng

Pantai Greweng
Pantai Greweng

Bagi kamu yang gemar akan kegiatan adventure atau outdoor, saya rasa mengunjungi pantai ini sangat di rekomendasikan. Pasalnya dengan berlibur ke Pantai Greweng kamu akan mendapatkan pengalaman unik mendapatkan paket liburan di Jogja yang lengkap berupa trekking menunyusuri jalan setapak hingga berkunjung ke goa-goa sekitar yang begitu eksotis. Selain itu kamu pun dapat camping di Pantai Greweng bersama para sahabat yang pastinya akan menambah keseruan kala bermalam di pantai perawan ini.

Lokasi Pantai Greweng terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul atau tepatnya berdekatan dengan Pantai Wediombo dan juga Pantai Jungwok. Dikarenakan letaknya yang jauh dibalik bukit sehingga suasana pantai ini begitu sepi, di mana untuk menuju lokasi pantainya kamu diharuskan menyusuri jalan setapak dengan melewati beberapa tebing batu tinggi menjulang, sungguh pengalaman yang tak terlupakan. Bagi kamu yang ingin berkunjung, baiknya kamu baca terlebih dahulu ulasannya tentang Pantai Greweng.

Alamat : Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883
Maps : Klik disinia
Harga Tiket Masuk : Rp. 20,000
Jam Buka : Setiap Hari

12. Pantai Siung

Pantai Siung
Pantai Siung

Pantai Siung memang terkenal dikarenakan memiliki pasir pantai yang masih terjaga sehingga dapat menarik minat para wisatawan untuk berkunjung. Alhasil kamu pun dapat nyaman melangkahkan jemari di atas pasir sepanjang garis pantainya, kemudian bagi kamu yang ingin berenang di pantai pun saya rasa kamu tak perlu khawatir.

Pasalnya terdapat sebuah gugusan karang terbentang sepanjang garis pantai yang seakan menjadi tembok alami yang melindungi perairan pantainya, oleh sebab itulah pantai ini terbilang memiliki jenis perairan dangkal yang hanya mempunyai kedalaman sekitar 1 meter saja.

Selain itu, masih terdapat keseruan lainnya di pantai ini, dimana terdapat berbagai bentuk dan ukuran tebing-tebing karang yang menghiasi pantai ini. Pantai Siung pun sebenarnya cukup populer menjadi salah satu lokasi untuk olahraga panjat tebing.

Dimana terhitung semenjak 1989 pernah ada kelompok komunitas asal Jepang yang secara khusus ingin menaklukkan tebing-tebing karang yang terdapat di pantai ini. Sejak saat ini pantai ini kerap dijadikan arena untuk mengasah kemampuan dan ketangkasan untuk panjat tebing, banyaknya para komunitas-komunitas pecinta alam yang khusus datang untuk latihan setiap hari libur (minggu). Lokasi Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi,

Tepus atau tepatnya sekitar 2 Km dari Air Terjun Banyu Tibo atau bisa juga dari Pantai Nglambor yang hanya berjarak 1 Km. Ingin tau lebih lanjut, kamu dapat simak artikel tentang Pantai Siung.

Alamat : Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000
Jam Buka : Setiap Hari

13. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo
Pantai Wediombo

Pantai Wediombo memiliki arti dalam bahasa Jawa yaitu “Wedi” berarti pasir dan “Ombo” berarti luas, kendati demikian namun pada kenyataannya merupakan sebuah pantai berkarang. Namun dewasa ini wisata Pantai Wediombo mendadak populer karena terdapat sebuah kolam alami (laguna) yang terbentuk dari susunan karang yang kerap dijadikan sebagai lokasi untuk berenang.

Begitu menariknya tempat ini ketika banyak muda mudi yang mengupload foto sedang asik berenang layaknya di sebuah jaccuzi alami. Bagi kamu yang ingin berkunjung, lokasi Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Girisubo atau tepatnya berjarak sekitar 65.4 Km dari Jogja.

Alamat : Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000
Jam Buka : Setiap Hari

14. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo

Merupakan salah satu pantai di Jogja yang wajib dikunjungi, namun jika dilihat sepintas nama Pantai Banyu Tibo serupa dengan salah satu tempat wisata Pacitan yang cukup populer yaitu Pantai Banyu Tibo Pacitan. Namun kedua lokasi ini memiliki perbedaan yang begitu kental. Sebenarnya ini pantai atau air terjun sih? mungkin ada beberapa dari kamu yang memiliki pertanyaan serupa, ya sebetulnya menurut saya tempat ini bisa dikatakan lebih tepat dengan “Air Terjun Banyu Tibo”.

Mengapa demikian, pasalnya jika disebut dengan pantai saya rasa kurang tepat dikarenakan memang tak terdapat pasir pantai seperti pada umumnya. Di mana lokasi ini berbentuk sebuah tebing berkarang yang langsung tepat berhadapan dengan laut lepas, akan tetapi uniknya pada salah satu sudut tebing terdapat sebuah air terjun yang langsung jatuh ke laut lepas, oleh karena itulah nama asal usul Air Terjun Banyu Tibo berasal.

Hal unik lainnya ialah jika kamu perhatikan pada ujung air terjun tersebut, terdapat sebuah rumah, sehingga timbullah pertanyaan dalam benak saya “bagaimana mungkin ada orang yang bisa tinggal di sana?”, namun apakah kamu dapat membayangkan serunya bilamana dapat tinggal di tempat itu, di mana bila dapat melihat pemandangan indah setiap kali kamu membuka pintu rumah.

Lokasi Air Terjun Banyu Tibo terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul atau tepatnya masih berada dalam satu kawasan dengan Pantai Siung dan sebelum Bukit Pengilon. Di karennakan masih dalam satu kawasan, jadi bila kamu ingin berkunjung maka kamu harus tiba terlebih dahulu di Pantai Siung.

Kemudian kamu dapat berjalan kaki menuju bukit Sunset yang terletak di sisi timur Pantai Siung. Setelah kamu tiba di Puncak Bukit Sunset, sudah ada papan petunjuk jalan untuk menuju Pantai Banyu Tibo dan Bukit Pengilon. Namun harap diperhatikan karena jaraknya yang cukup lumayan, maka kamu harus mempersiapkan logistik makanan dan minuman dengan baik.

Alamat : Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000
Jam Buka : Setiap Hari (07:00 – 16:00)

15. Pantai Jogan

Pantai Jogan
Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan satu lagi lokasi pantai Jogja yang hampir mempunyai kemiripan dengan Air Terjun Banyu Tibo diatas. Di mana letak persamaannya? kesamaan antara kedua pantai ini ialah sama-sama tak memiliki pasir pantai dan juga terdapat sebuah air terjun yang langsung jatuh ke laut.

Akan tetapi tetap saja ada perbedaannya, jika untuk Pantai Jogan memiliki seuah air terjunn yang tak terlalu tinggi yaitu hanya sekitar 10 meter saja. Namun keindahan tersebutlah yang menjadi daya tarik utama, dimana di Air Terjun Jogan kamu dapat mendekati lokasinya. Berdiri dan merasakan langsung kucuran tepat dibawah air terjun ini akan menjadi pengalaman unik sekaligus menakjubkan.

Ketika sepasang mata memandang kucuran air yang turun tumpah ke bibir pantai dan bercampur menjadi satu dalam deburan ombak yang menggulung. Dengan cara seperti itulah Pantai Jogan menyuguhkan pesonanya terhadap setiap para pengunjungnya.

Lokasi Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, Tepus atau tepatnya sesudah Pantai Timang dan Pantai Nglambor atau sekitar 200 meter setelah dari Pantai Siung. Jika kamu ingin berkunjung, akan lebih baik jika kamu simak terlebih dahulu ulasan lengkapnya tentang Pantai Jogan.

Alamat : Jl. Pantai Siung, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000
Jam Buka : Setiap Hari

16. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Foto via Gmap
Pantai Pok Tunggal Foto via Gmap

Jika Anda senang pergi ke pantai, Anda mungkin ingin mempertimbangkan Pantai Pok Tunggal, yang memiliki pasir putih dan pemandangan yang menakjubkan, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi Anda yang lebih suka berfoto atau selfie di pantai. Pantai ini juga dapat bisa dimanfaatkan untuk olahraga seperti bola voli, karena memiliki area yang cukup luas untuk bermain bola voli. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib anda kunjungi.

Di pantai ini Anda juga bisa menyaksikan matahari terbut (sunrise), namun Anda harus datang lebih awal jika ingin melihat sunrise. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan matahari terbenam (sunset) di pantai ini. Anda bisa datang pada sore hari atau sekitar jam 5 sore. untuk menyaksikan matahari terbenam di cakrawala dan menikmati pemandangan.

Anda yang suka menghabiskan waktu lama di pantai ini diperbolehkan pengelola! Karena pengelola pantai Pok Tunggal sengaja membangun tenda untuk para wisatawan agar bisa menikmati malam di pantai ini, maka anda tidak perlu membawa tenda sendiri karena tenda pantai ini telah disediakan oleh pengelola. Namun, Anda akan diminta untuk mengeluarkan biaya sebesar Rp. 60.000.

Harga tiket masuk ke pantai Pok Tunggal adalah Rp 10.000, dan jika ingin menyewa payung dikenakan biaya Rp 20.000. Ada juga mushola di pinggir pantai bagi yang ingin salat.

Alamat : Pok Tunggal, Pantai, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000
Jam Buka : Setiap Hari

17. Candi Prambanan

kemegahan candi prambanan
kemegahan candi prambanan

Candi Prambanan adalah objek wisata berikutnya dalam daftar tempat wisata di Jogja yang populer, selain itu juga merupakan objek wisata yang paling terkenal di Indonesia, bahkan wisatawan asing pun sudah tidak asing lagi dengan objek wisata yang satu ini.

Candi Prambanan, bersama dengan Candi Borobudur, adalah salah satu kompleks candi paling terkenal di Indonesia, dan candi yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991, bersama Candi Borobudur. Candi Prambanan, berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan kompleks candi Budha, sedangkan Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu.

Untuk mengunjungi candi Prambanan, Anda dapat menggunakan kendaraan seperti mobil, dan menempuh jarak kurang lebih 30 kilometer ke arah timur laut yang akan memakan waktu kurang lebih 25 menit.

Dari arah Jogja, Anda dapat menempuh perjalanan kurang lebih 25 kilometer ke arah timur laut dengan waktu tempuh kurang lebih 25 menit. Untuk dewasa, tiket masuknya seharga Rp. 50.000, sedangkan harga untuk anak-anak sekitar Rp. 25.000.

Alamat : Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 25.000- Rp 50.000
Jam Buka : Setiap Hari (06:30 – 15:00)

18. Kebun Buah Mangunan

Taman Buah Mangunan via Gmap
Taman Buah Mangunan via Gmap

Selain tempat wisata di jogja diatas anda juga akan dikejutkan dengan tempat wisata alam yaitu Kebun Buah Mangunan yang berada di lokasi perbukitan yang sangat tinggi, dari ketinggian anda bisa mendapatkan pemandangan sungai yang indah. Luas wilayahnya cukup tinggi.

Agrowisata ini didirikan pada tahun 2003 oleh Pemerintah Kabupaten Bantul di atas lahan seluas 23,34 hektar, Jaraknya sekitar 35 KM jika dihitung dari pusat kota Jogja. Tempat ini terletak di daerah terjal di kaki Pegunungan Seribu, tingginya 150-200 m.

Jadi, jika Anda ingin menghilangkan kebosanan, Anda bisa datang ke sini. Anda bisa datang bersama keluarga ke sini, karena tempat ini sangat menarik, tapi jangan lupa membawa air mineral karena mungkin yang tidak biasa berjalan lama akan merasa lelah dan pegal.

Alamat : Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000
Jam Buka : Setiap Hari (05:00 – 18:00)

19. Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru tempat wisata di jogja via Gmap
Desa Wisata Kalibiru via Gmap

Ada tempat wisata yang asri dan sejuk juga, di Desa Kalibiru, setelah tempat wisata kawasan kebun buah Mangunan, panorama yang sangat indah tersaji di kawasan Kulon Progo sebelah barat Yogyakarta, dengan ketinggian hampir 450 meter di atas permukaan laut.

Pemandangan di bukit ini sangat indah dan cocok untuk anda yang suka berfoto karena foto anda akan terlihat keren jika berfoto di sini, karena background foto anda berada di atas bukit.

Untuk foto di atas menara cukup membayar 10.000 saja yang hanya bisa menampung tiga Dewasa sekaligus, termasuk Menara Penjaga, Menara Pandang ini adalah salah satu alasan terkenalnya Wisata alam Kalibiru Kulon Progo.

Alamat : Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000
Jam Buka : Setiap Hari (08:00 – 16:00)

20. Goa Pindul

Goa Pindul Jogja tempat wisata di jogja via Gmap.
Goa Pindul Jogja via Gmap.

Objek wisata berikut ini adalah Goa Pindul yang merupakan sebuah goa yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Goa Pindul adalah sebuah objek wisata berupa goa yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Cave tubing adalah kegiatan yang populer di Gua Pindul karena memungkinkan pengunjung untuk melakukan perjalanan di dalam gua dengan mengendarai ban pelampung di aliran sungai bawah tanah yang mengalir melalui gua.

Sungai bawah tanah mengalir dari mulut gua ke ujung gua. Di dalam goa terdapat bentangan sempit yang hanya dapat dilalui oleh satu ban pelampung, oleh karena itu orang biasanya melewati area ini secara bergantian satu per satu, karena merupakan bagian yang berbahaya. Goa Pindul ini menjadi salah satu favorit tempat wisata di Jogja.

Gua Pindul dapat ditempuh dari kota Yogyakarta dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil yang menyusuri jalan Wonosari yang terletak kurang lebih 7 kilometer sebelah utara kota Wonosari. Setelah melewati Desa Bejiharjo, perjalanan dilanjutkan menyusuri jalan aspal menuju goa. Sekretariat Gua Pindul terletak di ujung jalan tanah dekat pintu masuk gua.

Alamat : Gelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55813
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 50.000
Jam Buka : Setiap Hari (07:00 – 16:00)

21. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark foto via Gmap.
Sindu Kusuma Edupark foto via Gmap.

Selain wisata alam, ada juga taman hiburan di Jogja. Dibangun pada tahun 2014 namanya Sindu Kusuma Edupark yang terletak di Jl. Magelang KM 2 Sinduadi, Mlati, Sleman. Tempat ini mencakup sekitar 7 hektar [7 ha] serta ada banyak permainan di SKE. Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Wahana yang paling terkenal di taman ini adalah bianglala raksasa bernama Cakra Manggilingan. Wahana ini sepertinya menjadi salah satu favorit utama di SKE. Ada beberapa wahana yang terlihat asing antara lain Cinema 7D dan Sepeda Terbang.

Tiket masuk ke Sindu Kusuma Edupark dikenakan biaya Rp 50.000 – Rp 100.000 per orang untuk tiket terusan. Anda akan mendapatkan kartu ketika Anda membeli tiket di konter. Kartu ini bisa kita gunakan untuk mencoba berbagai perjalanan di sana.

Alamat : Jl. Jambon Jl. Kragilan, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 50.000 – Rp. 100.000
Jam Buka : Setiap Hari (08:00 – 21:00)

22. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong via Gmap 1.
Pantai Ngandong via Gmap

Pantai Ngandong terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul dan dapat diakses dengan mobil atau berjalan kaki. Pantai ini mungkin tidak seterkenal beberapa pantai lain di daerah ini. Namun, ini tidak berarti bahwa pantai ini kurang menarik dibandingkan pantai-pantai lain di daerah tersebut.

Faktanya, pemandangan yang menakjubkan adalah salah satu daya tarik paling kuat bagi banyak orang yang datang ke pantai ini untuk bersantai dan bersenang-senang. Pantai Ngandong, dengan pasir putihnya yang indah, dengan cepat menjadi salah satu tujuan wisata pantai paling menjanjikan di negara ini.

Wisatawan dapat mencapai pantai ini dengan mengendarai kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan, baik mobil maupun motor. Perjalanan dimulai di kota Yogyakarta, dan akan memakan waktu sekitar 2,5 jam untuk berkendara ke sana dan kembali.

Tempat parkir Pantai Sundak dapat diakses dengan mengikuti rambu menuju Pantai Sundak, di mana pengunjung dapat meninggalkan mobil mereka dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Setelah melewati jalan berbatu.

Alamat : Jl. Pantai Sel. Jawa, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000
Jam Buka : Setiap Hari

23. Pantai Baron

Pantai Baron
Pantai Baron

Pantai Baron, yaitu pantai yang lebih dulu terkenal sebelum pantai Indrayanti dan pantai pantai lainya di sekitar. Lokasi Pantai Baron terletak di sebelah barat Pantai Indrayanti, pantai ini berada di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, jaraknya sekitar 23km arah selatan kota Wonosari, Gunungkidul, merupakan pantai pertama yang ditemukan dari rangkaian kawasan pantai selatan kabupaten Gunungkidul.

Di pantai Baron ini bermuara sungai bawah tanah yang berair tawar, yang biasa digunakan oleh para wisatawan untuk mandi berbilas setelah bermain di laut. Sungai ini segar banget airnya, sehingga cocok untuk mengguyur badan setelah berenang di laut yang berair asin. Selain itu,  Anda bisa menikmati aneka jenis ikan laut  yang masih segar maupun yang sudah di masak, tentu saja dengan harga yang terjangkau.

Pada sisi sebelah timur Pantai Baron menjulang bukit kapur yang tinggi, bila anda ingin menikmati pemandangan alam laut lepas yang terbentang dari atas bukit ini,  Anda bisa  menapaki jalan setapak melingkar yang telah di bangun menuju puncak bukit.

Di atas bukit kapur ini, wisatawan bisa beristirahat di gardu pandang(bangunan rumah kecil), sambil menghirup udara pantai yang menyegarkan. Atau bagi Anda yang hobi memancing, dari atas bukit ini adalah tempat yang ideal untuk melempar kail ke tengah laut, tentu saja Anda harus berhati hati karena bukit ini lumayan terjal.

Alamat : Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000
Jam Buka : Setiap Hari

Demikianlah ulasan saya perihal 23 tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi waktu liburan ke Jogja. Terima kasih dan semoga dari apa yang telah disampaikan dapat dijadikan sumber referensi tambahan bagi kamu atau para pembaca budiman sekalian.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0